VIDEO: Lihat, Betapa Keren Kereta Kuda Buatan Mahasiswa Ini

Kereta kuda eksentrik karya mahasiswa.
Sumber :
  • www.carscoops.com

VIVA.co.id - Seorang mahasiswa Oregan State University, Amerika Serikat, membuat karya unik seputar alat transportasi. Jika para mahasiswa lainnya lebih terlihat asyik wara-wiri dengan mobil, atau sepeda motor dengan mesin besar, tidak demikian dengannya.

Mahasiswa tersebut, rupanya malah sangat nyaman dengan kereta kuda karyanya, di mana tak melibatkan binatang, namun seperti rangkaian besi menyerupai robot kuda yang digerakkan dengan pedal kayuh, laiknya sepeda.

Dilansir Carscoops, Kamis 18 Februari 2016, kereta kuda buatannya dibuat dengan banyak penyesuaian. Untuk bagian belakang, nampak seperti sebuah kereta kuda, yakni dua ban besar, dan kursi untuk mengangkut penumpang.

Tetapi, jika kusir kereta kuda menggunakan pecut untuk menggerakkan kuda, tugas kusir kali ini ialah mengayuh pedal yang dihubungkan ke 'kuda robot' sederhana dengan media rantai. Sementara itu, untuk urusan arah, sang kusir membutuhkan peran sebuah setir, lataknya sebuah mobil.

Ada dua kaki kuda buatannya yang terus maju, jika pedal dikayuh. Tentu, menjadi pemandangan yang eksentrik, saat kereta kuda itu digunakan di jalanan. Tak heran, jika banyak mata terpana dengan karya mahasiswa tersebut.

Jika melihat karyanya, tentu mirip seperti apa yang dilakukan Su Daocheng, pria pensiunan asal Tiongkok, yang membuat kendaraan laiknya kuda. Kuda buatan Daocheng itu memiliki tinggi 1,5 meter, panjang dua meter, dan bobotnya mencapai 250 kilogram.

Untuk membuat kuda bak robot ini, Daocheng menggunakan barang seadanya, mulai dari rantai, besi. dan lainnya. Tentu saja, karena mirip kuda, kendaraan ini tak menggunakan roda seperti sepeda motor, melainkan empat buah kaki yang terbuat dari besi, sehingga terlihat mirip kuda.

Untuk penggerak, alias sumber tenaga, pria tersebut menanamkan mesin kart. Sementara itu, untuk mengendalikan arah tujuan, Daocheng menggunakan setir dari sebuah mobil.

Ribuan Komunitas Motor Bakal Meriahkan Kontes Modifikasi

Lihat videonya di bawah ini:

(asp)

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016
Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016