Tips Bagi Pemula yang Ingin Main Motor Trail

Menjelajah alam Bali menggunakan motor trail.
Sumber :
  • Therideadvice

VIVA – Bagi pemula yang ingin berpetualang off road atau ‘trabas’ hutan menggunakan motor trail tidak boleh sembarangan, khususnya bagi para pemula. Sebab, ada cara-cara khusus dan perlengkapan yang harus disiapkan mengingat hutan di Indonesia punya jalur yang ekstrem.

Viral Peserta Balapan Motor Off Road Terjebak Lumpur

Yudi Ao, Trabas Trail Adventure Bandung Assosiation, mengatakan, yang pasti sebelum mulai ber-off road ria, harus stretching atau pemanasan terlebih dahulu untuk melemaskan otot-otot agar tidak terkilir atau keram. Kata dia, yang tak kalah penting safety gear harus lengkap.

“Safety yang paling diutamakan, helm, kaca mata google, sarung tangan, sepatu diatas mata kaki, celana panjang dan baju lengan panjang khusus trail,” ujarnya kepada VIVA.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Lantas bagaimana di treknya? Lanjut dia, untuk jalur tanah yang basah dan licin, rpm motor jangan terlalu besar dan kopling tidak boleh selip karena ban belakang akan berputar di tempat. Begitu juga dengan tanjakan, kopling jangan digantung atau diselip, buka tutup gas harus dimainkan.

“Kalau kontur jalan licin basah, namun turunan jangan sekali-sekali menggunakan rem belakang atau depan lebih baik engine brake. Misalnya gigi satu masuk, lepas kopling gas tutup saja sudah biarin motor jalan sendiri dan kaki turun dua-duanya,” tuturnya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Selain itu yang tidak kalah penting, ketika melintasi jalur dengan konstur bebatuan. Kata dia, jalan penuh bebatuan, yang jelas pinggul diangkat 10 cm untuk meredam kejutan antara jok dengan badan, tujuannya agar pinggang tidak sakit.

“Tikungan, kalau ke kanan berarti kaki kanan harus turun posisi setang sebaliknya, pun saat berbelok ke kiri, fungsinya untuk keseimbangan. Kenapa kaki harus turun kalau motor trail sebab kalau tergelincir dan jatuh kaki tidak terjepit,” sambungnya. (ren)

MXGP di Samota, Sumbawa

Kalender MXGP 2023 Dirilis, Indonesia Dapat Jatah 2 Seri di NTB

Indonesia mendapat dua jatah menggelar MXGP pada 2023. Kalender MXGP telah keluar dan memasukkan Lombok dan Sumbawa sebagai tuan rumah.

img_title
VIVA.co.id
12 Oktober 2022