Beat Vs Nex, Siapa Lebih Irit

Honda BeAT.
Sumber :
  • Astra Honda Motor

VIVA – Menjadi sepeda motor terlaris Honda di Tanah Air, Beat, telah mendapat beberapa kali penyegaran hingga 2018. Terakhir, produsen roda dua ini mengubah dari sisi tampilan seperti grafis.

Daftar Skuter Matik 125cc Terbaru, Mulai Rp17 Jutaan

Hadir sejak 2008, Beat diperkenalkan di dalam negeri dengan mesin 110cc SOHC dengan sistem pembakaran karburator. Kemudian, mengadopsi injeksi PGM-FI berpadu teknologi eSP atau Enhanced Smart Power.

Teknologi eSP mencakup penerapan roller rocker arm dan offset cylinder, serta memiliki fitur mati otomatis atau idling stop system dengan ACG Starter yang minim suara saat starter dilakukan dengan pengereman combi brake system atau CBS. 

Daftar Harga Honda Stylo 160 per Maret 2024, Ada Promo Juga

Meski dari sisi tampilan dan fitur Beat sudah beberapa kali mendapat penyegaran, dapur pacu skutik andalan pabrikan berlogo sayap mengepak ini masih belum mendapat perubahan terbaru.

Mengenai konsumsi bahan bakar, dari pengujian Honda, Beat dapat menjangkau jarak sejauh 63 kilometer per satu liter bahan bakar. Angka tersebut diklaim lebih baik dari model sebelumnya, berkat pengaktifan fitur ISS. 

Sepeda Motor Buatan Indonesia Banyak Dicari di Luar Negeri

Pabrikan menjual Beat mulai Rp15,45 juta hingga Rp16,12 juta on the road DKI Jakarta.

Suzuki Nex II

Di segmen yang sama, Beat punya saingan dari PT Suzuki Indomobil Sales yakni Nex. Motor tersebut telah mengalami berapa kali penyegaran hingga bernama Nex II. 

Suzuki Nex II

Meski mengusung tampilan baru, namun mesin yang digunakan masih berkapasitas 115 cc. Sementara, sistem penyuplai bahan bakarnya sudah mengadopsi teknologi injeksi.

Pabrikan mengklaim, dengan kapasitas tangki 3,6 liter skutik ini mampu menempuh jarak 176,4 kilometer sampai bensin habis. Artinya, satu liter untuk 49 kilometer.

Memiliki keunggulan dari sisi harga,  Nex II dibanderol dengan harga mulai dari Rp13,95 juta hingga Rp14,4 juta on the road Jakarta. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya