Migo Dilarang, Polisi: Kami Bakal Kandangkan

Sepeda listrik Migo
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Penyewaan kendaraan berbasis aplikasi, Migo e-Bike sejak 2017 sudah beroperasi di Surabaya, Jawa Timur. Sedangkan di Jakarta baru dimulai akhir 2018. Migo disewakan dengan biaya Rp3 ribu dengan waktu 30 menit pemakaian.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Meski Migo dianggap sebagai sepeda listrik, namun penggerak utamanya adalah motor listrik dan baterai, bukan dikayuh. Penyewa pun acap menggunakannya di jalan raya. Padahal tidak dilengkapi pelat nomor dan STNK.

Menurut Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Herman Ruswandi, sudah banyak aturan yang dilanggar Migo e-Bike.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

“Motor penggerak listrik turun ke jalan raya, belum ada uji kelayakan, tidak ada pelat nomor. Tidak ada jaminan dari Jasa Raharja, kalau penggunanya meninggal dunia bisa dibantu harusnya,” ujarnya kepada VIVA, Rabu 13 Februari 2019.

Herman menduga pengguna Migo tidak dijamin asuransi atau jaminan Jasa Raharja. Maka dengan begitu akan menimbulkan kerugian besar jika terjadi kecelakaan. Padahal sejatinya tiap kendaraan jenis apapun yang beredar di jalan raya harus memiliki perlindungan.

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan

Dalam waktu dekat polisi pun bakal menggelar razia terhadap Migo dan akan langsung dikandangkan. ”Bahaya banget itu, banyak undang-undang yang ditabrak. Wacana kami akan laksanakan kegiatan operasi untuk mengkandangkan mereka sampai dengan keputusan prosedurnya dipenuhi."

"Targetnya tahun ini, kami akan tertibkan ingin tahu ini perusahaan tanggung jawabnya sampai mana,” tuturnya. (kwo)

Suzuki Access

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Besar kemungkinan motor dari pabrikan asal Jepang tersebut akan memakai nama Suzuki e-Access, yang memiliki desain retro dan sudah dipasarkan versi bensinnya di India. ..

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024