Saat Darurat, Boleh Isi Oli Mobil ke Motor?

Ilustrasi mengisi oli mesin motor
Sumber :
  • Doers

VIVA – Oli menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari mesin kendaraan. Baik mobil maupun motor, keduanya sama-sama membutuhkan senyawa kimia tersebut.

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Mudik?

Fungsi oli adalah untuk melumasi komponen mesin yang bergerak dalam kecepatan tinggi. Sebagai contoh, dalam keadaan langsam mesin kendaraan bisa bekerja sebanyak 1.000 rotasi per menit.

Baca juga: Ternyata Ini Penyebab Jakarta masih Macet saat PSBB

Tips Menjaga Rantai Motor yang Baik dengan Cairan Pembersih WD-40

Jika tidak dilumasi, maka gesekan antar komponen akan menimbulkan panas yang sangat tinggi. Selain itu, oli juga berfungsi membawa kotoran agar tidak membuat kerja komponen menjadi macet.

Dalam situasi tertentu, ada kemungkinan oli motor sudah harus diganti. Namun, kebetulan yang tersedia adalah pelumas untuk kendaraan bermotor roda empat. Lantas, bolehkah oli mobil diisi ke motor?

Motul Luncurkan Oli yang Cocok dengan Karakter Mesin Kawasaki

Ilustrasi ganti oli transmisi

Dilansir dari laman Evalube, Selasa 19 Mei 2020, karena sama-sama memiliki kemampuan untuk melumasi mesin, untuk sementara waktu oli mobil dapat digunakan pada motor. Tetapi, ketika kamu sudah mendapatkan oli yang sesuai untuk motor, sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru.

Alasannya, oli motor memiliki zat aditif yang lebih banyak untuk melindungi komponen mesin dari gesekan, sehingga mesin dapat bekerja lebih maksimal.

Jika dipaksakan memakai oli mobil dalam jangka waktu lama, maka roda gigi transmisi di sepeda motor bakal cepat aus dan mesin juga akan mengalami masalah, karena kurang terlumasi dengan baik.

Sebagai informasi, Evalube pada tahun ini kembali menggelar acara My Ramadhan, My Charity, bekerja sama dengan komunitas Gila Motor dan komunitas balap cornering COINS Surabaya.

Pembagian menu berbuka puasa untuk driver ojol

Mereka membagikan makanan untuk berbuka puasa dan sembako, kepada kepada masyarakat yang
membutuhkan, seperti ojek online dan pekerja informal. Perusahaan juga berkolaborasi dengan CarFix dalam Festival Kebaikan Ramadhan, melalui program rawat Masjid dengan pemberian peralatan serta penunjang kebersihan di Semarang.

“Semoga kegiatan ini mampu memberikan manfaat kepada mereka yang membutuhkan, dan kami berharap semoga pandemi ini segera berlalu,” ujar Brand Manager Evalube, Bambang Eka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya