Harley-Davidson Gandeng Kymco Kembangkan Motor Listrik

Logo Harley-Davidson
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pabrikan motor besar, Harley-Davidson, melakukan kerjasama dengan Kymco. Harley dengan pabrikan motor asal Taiwan itu akan mengembangkan motor listrik Livewire.

Kekayaan Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Naik Rp4,2 Miliar, Isi Garasinya Ada Harley dan Jimny

Seoerti dilansir dari Forbes, Harley tengah memulai era elektrifikasi dengan membuat motor bernama LifeWire. Nah, untuk mengembangkannya, Harley menggandeng Kymco dengan  dengan investasi sebesar USD 100 juta atau setara dengan Rp 1,43 triliun.

Disebutkan bahwa Kymco Group akan memegang sekitar 4 persen dari ekuitas LiveWire. LiveWire sendiri diperkirakan memiliki nilai perusahaan atau valuasi sebesar USD 2,31 miliar atau setara dengan Rp 33,2 triliun lebih.

Kymco Perluas Jaringan Penukaran Baterai Motor Listrik

Teknologi Kymco Noodoe di CES 2017.

Photo :
  • Autoevolution

Kymco dinilai memiliki jejak manufaktur, distribusi, infrastruktur rantai pasokan, dan kemampuan logistik global. Langkah strategis ini semakin menjadikan LiveWire sebagai pemimpin industri motor besar bertenaga listrik dan mempercepat transformasi sepeda motor menuju elektrifikasi.

Jokowi: Indonesia Bisa Produksi 1,6 Juta Motor Listrik, tapi Baru 100 Ribu Unit

Allen Ko, CEO Kymco Group, sangat senang Kymco memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan Harley-Davidson di bidang motor besar listrik. Menurutnya, LiveWire mewarisi sejarah panjang Harley yang mengindikasikan signifikansinya dalam budaya roda dua.

Harley-Davidson mendirikan Livewire pada 2019 lalu dan menjadi perusahaan mandiri yang mengkhususkan pengembangan kendaraan listrik.

“Saya percaya bahwa melalui kerjasama strategis dengan Kymco, LiveWire dapat mempercepat pengembangan industri kendaraan listrik dan mendorong transformasi industri pasar global," ujar Ko dalam keterangannya.

"Sebagai satu-satunya mitra strategis LiveWire, Kymco memiliki kemampuan teknis kendaraan listrik yang telah diakui secara internasional, dan sekali lagi menyatakan tekad kami untuk memasuki pasar sepeda motor listrik global,” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya