Musim Hujan, Ini Bahaya Naik Motor Pakai Sandal

Naik Motor Pakai Sendal.
Naik Motor Pakai Sendal.
Sumber :
  • Wahana Honda.

VIVA – Sejak beberapa pekan terakhir, sejumlah wilayah di Indonesia terus-terusan diguyur hujan. Pada kondisi tersebut, selain mengenakan jas hujan, pemotor biasanya akan mengganti sepatunya dengan sandal. Lantas, apakah kebiasaan tersebut aman atau justru sebaliknya?

Disitat VIVA Otomotif dari Wahana Honda, Minggu 23 Januari 2022, mengenakan sandal saat naik motor di musim hujan memang lebih praktis dan nyaman. Meski demikian, kebiasaan tersebut sama sekali tak disarankan. Lebih lagi, pejalanan yang ditempuh terbilang jauh.

Patut diketahui, dengan mengenakan sepatu, kaki pengendara bisa terhindar dari kemungkinan cedera akibat tergores batu, pembatas jalan, atau sudut-sudut di kendaraan. Bukan hanya itu, alas sandal biasanya juga lebih licin ketimbang sepatu, sehingga rawan tergelincir saat dipakai di musim hujan.

Naik Motor Pakai Sandal.

Naik Motor Pakai Sandal.

Photo :
  • Wahana Honda.

Memakai sepatu saat musim hujan juga mencegah kaki tersiram genangan air kotor di jalan raya. Patut dipahami, genangan tersebut sejatinya tak jernih, alias kotor dan penuh bakteri. Belum lagi, jika terdapat batu atau serpihan kaca kecil di dalamnya.

Sandal tidak dapat menutup seluruh bagian telapak kaki, tempurung kaki, maupun pergelangan dan mata kaki. Sehingga, berbagai kemungkinan terburuk bisa saja terjadi.

Berkendara motor di musim hujan

Berkendara motor di musim hujan

Photo :