Pakai Bahan Ini, Oli Motor Bisa Dipakai Hingga 6.000 Km

Touring motor dari Depok ke Mandalika.
Sumber :
  • Dok: X-Ten

VIVA – Oli motor ibarat darah pada tubuh manusia, tanpa cairan ini kendaraan tidak akan bisa berfungsi dengan normal. Kegunaannya banyak, mulai dari melumasi komponen agar bisa bergerak tanpa hambatan hingga membawa kotoran ke tempat penyaringan.

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Setiap oli dirancang menggunakan campuran dari beberapa senyawa, yang ditambahkan supaya bisa memberikan perlindungan maksimal. Misalnya antikorosi dan juga kemampuan untuk bekerja di suhu tinggi.

Salah satu aditif yang saat ini marak digunakan di oli motor, yakni ester. Sifat meminimalkan gesekan komponen hingga nol persen, sehingga motor bisa menempuh jarak lebih jauh sebelum harus diganti pelumasnya.

Pelumas Mobil Ini Antarkan Ratusan Mekanik Mudik ke Yogyakarta dan Surabaya

Salah satu produk oli yang memakai senyawa tersebut adalah X-TEN Double Ester Premium Sport. Kepala Divisi Marketing PT Surganya Motor Indonesia, Budi Rochmanudin mengatakan bahwa biasanya kandungan ester diapikasikan pada pelumas motor balap.

“Ester biasa digunakan pada oli motor balap yang memiliki kinerja cukup keras, dan kami menggunakan teknologi ini agar bisa diaplikasikan untuk keseharian, serta mampu melindungi dan menjaga performa mesin tetap enteng dalam waktu yang lama,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 2 April 2022.

Tips Menjaga Kesehatan Mesin Mobil saat Mudik Lebaran

Untuk membuktikan hal itu, mereka melakukan touring dari Depok, Jawa Barat menuju Mandalika, Nusa Tenggara Barat sejauh 1.730 kilometer lebih dengan total waktu perjalanan 12 hari.

Pelumas X-TEN Double Ester Premium Sport

Photo :
  • Dok: X-Ten

Touring tersebut dimaksudkan untuk menguji ketangguhan oli X-TEN Double Ester, sebelum diluncurkan secara resmi ke pasaran. Entengnya tahan lama dan dapat digunakan lebih dari 6.000 km, bahkan ada konsumen yang membuktikan sampai dengan 8.000 km,” tuturnya.

Budi menuturkan, bahwa oli X-TEN Double Ester Premium Sport ini sudah bisa didapatkan di jaringan toko Planet Ban terdekat.

“Selain tahan lama, oli dengan kandungan ester dua kali lipat juga dapat meminimalisir tingkat keausan mesin sehingga memperpanjang umur dan menjaga kinerjanya untuk selalu optimal,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya