Motor Ikonik Buatan Cikarang Ini Penuh Makna

VIVA Otomotif: Peluncuran Vespa Batik di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – PT Piaggio Indonesia baru saja meluncurkan motor anyar mereka yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat dan hadir dalam edisi spesial. Kendaraan beroda dua yang dimaksud adalah Vespa Batik, yang basisnya berasal dari model Vespa LX 125.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Sesuai namanya, kendaraan bermotor roda dua itu dihiasi oleh nuansa batik yang menjadi  kebanggaan dan warisan bangsa, serta telah diakui oleh UNESCO pada 2009 sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia asal Indonesia.

Public Relations and Communications Manager PID, Ayu Hapsari mengatakan bahwa untuk mewujudkan Vespa Batik pihaknya bekerja sama dengan merek Iwan Tirta.

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

“Vespa Batik Special Edition adalah karya seni Italia dan Indonesia, yang dipersembahkan untuk merayakan keberagaman budaya yang disatukan oleh perspektif warisan yang modern,” ujarnya di Jakarta Selatan, dikutip Rabu 14 Desember 2022.

VIVA Otomotif: Peluncuran Vespa Batik di Jakarta

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

Ayu menuturkan, alasan mengapa pihaknya memilih motif batik yakni karena PID ingin mengajak para pengguna Vespa untuk bangga dengan karya dalam negeri yang usianya sudah mencapai satu abad.

“Kami ingin mematahkan anggapan batik yang selama ini dianggap kuno, tua dan hanya cocok dipakai untuk acara-acara tertentu saja. Padahal, enggak kalah keren bisa di-mix and match,” tuturnya.

Terkait LX 125 sebagai basis, Ayu mengungkapkan bahwa PID juga punya alasan khusus yakni karena model tersebut sangat penting bagi perusahaan.

“Ketika PID pertama hadir di 2011, LX jadi model pertama yang dipasarkan. LX sendiri dalam angka Romawi berarti 60, dan merupakan model yang dibuat untuk merayakan ulang tahun Vespa,” ungkapnya.

VIVA Otomotif: Peluncuran Vespa Batik di Jakarta

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Pemilihan warna hijau, kata Ayu juga bukan sembarangan dilakukan oleh mereka. Kelir itu memiliki arti khusus, bagi perusahaan.

“Masing-masing merek di bawah naungan Piaggio Group punya warna ciri khas, dan hijau menjadi warna untuk Vespa,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya