Segini Biaya untuk Produksi Motor Listrik di Indonesia

Motor listrik dari United E-Motor Tech
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Perkembangan sepeda motor listrik saat ini tengah didorong beberapa perusahaan otomotif. Pasalnya, banyak dari mereka mulai memperkenalkan sekaligus menjual kendaraan ramah lingkungan ke konsumennya.

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Salah satu perusahaan yang ikut memasarkan produk jenis tersebut adalah PT Terang Dunia Internusa. Mengandalkan merek United E-Motor Tech, mereka telah menjual beragam motor listrik untuk kebutuhan pasar otomotif Tanah Air.

Masih dalam perkenalan kepada publik, perusahaan lokal ini membuat langkah dan strategi untuk tahun depan terkait penjualannya. Salah satunya, mereka menyiapkan dana besar yang difokuskan pada produksinya.

OJK Cabut Izin usaha BPRS Saka Dana Mulia Kudus

Direktur PT Terang Dunia Internusa Henry Mulyadi

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Direktur PT Terang Dunia Internusa, Henry Mulyadi mengatakan pihaknya telah menyiapkan dan sebesar Rp124 miliar yang nantinya akan dialokasikan mulai produksi hingga pabrik. Hal itu sebagai bentuk komitmen dan keseriusan mereka dalam menjual motor listrik di Indonesia.

4 Kejanggalan Pembangunan Masjid yang Diinisiasi Daud Kim, Ternyata Tanahnya Belum Hak Milik ?

"Langkah ini kami ambil sebagai wujud kontribusi para pemegang saham yang telah sepakat memberikan tambahan modal sebesar Rp 124 miliar untuk mengembangkan brand motor listrik United E-Motor Tech," ujar Henry saat acara media gathering di Tangerang, dikutip VIVA Rabu 28 Desember 2022.

Dirinya menerangkan penambahan modal ini dilakukan salah satunya untuk pembelian pabrik dengan luas 54.000 m² dan bangunan seluas 35.000 m². Diketahui, tempat tersebut berada di Citeureup, Bogor.

"Dana tersebut untuk membangun pabrik yang nantinya akan memproduksi motor listrik kami. Di sana, produksi sudah siap dengan kapasitas hingga 500.000 unit motor listrik per tahun," tambahnya.

Selain membangun pabrik, United E-Motor Tech juga mengalokasikan dana tersebut untuk penambahan mesin-mesin produksi motor listrik dan sparepart-nya. Adapun peralatan yang mereka siapkan seperti, welding, painting, perakitan dan alat-alat pengetesan lainnya.

Motor listrik dari United E-Motor Tech

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

"Kami merupakan brand motor listrik yang diproduksi di Indonesia dengan keunggulan yang inovatif, adaptif dengan kemajuan teknologi, bergaransi, dan eco-friendly. Produk kami pun memiliki persentase Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang cukup besar," jelas Henry.

Sebagai tambahan informasi, mereka telah meluncurkan motor listrik dengan model TX1800 dan TX3000 di Indonesia. Kedua model tersebut memiliki keunggulan berbeda dengan harga yang beragam.

Untuk harga model TX1800 itu dibanderol seharga Rp33 juta. Sementara mod TX3000 itu dihargai Rp49 juta, dan harga-harga tersebut sudah on the road DKI Jakarta.

Ke depannya, United E-Motor Tech berencana menyiapkan line-up motor listrik pada tahun depan. Salah satu model tersebut nantinya akan dibanderol dengan harga di bawah Rp20 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya