Viral Parkir Indomaret Ditertibkan Petugas

Ilustrasi Indomaret
Sumber :

VIVA Otomotif – Kehadiran juru parkir terus menuai perdebatan di kalangan masyarakat, beberapa menganggap jasa mereka dibutuhkan namun di sisi lain ada juga keluhan dari warga.

Cara Blokir Kendaraan Online biar Terhindar Pajak Progresif

Selain membantu mengatur posisi kendaraan agar mudah keluar dan masuk area, juru parkir juga membantu mengamankan mobil dan motor dari tindak kejahatan.

Bahkan, apresiasi diberikan oleh para pemilik sepeda motor pada beberapa tukang parkir yang rela menutupi helm dengan kantong plastik, supaya tidak basah saat hujan turun.

Satu dari Lima Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok Dibebaskan

Meski demikian, tidak sedikit kritik dilontarkan pada juru parkir yang hanya muncul saat kendaraan akan keluar saja, sementara ketika ada mobil atau motor yang datang cuma terdengar suara peluit.

VIVA Otomotif: polisi tertibkan juru parkir minimarket

Photo :
  • tangkapan layar Instagram @ndorobei.official
Gokar Jadi Batu Loncatan Menuju Ajang Balap Dunia

Terkadang pemilik kendaraan tidak memiliki uang kecil, sehingga terpaksa memberi nominal yang cukup besar. Tapi, kemudian uang kembalian dari juru parkir kurang, dengan alasan tidak punya receh.

Tidak sedikit warganet yang menyatakan, bahwa tukang parkir tetap memungut retribusi meski lahan tersebut dinyatakan bebas dari biaya parkir oleh pemilik tempat.

Pada 2021 lalu, keberadaan juru parkir di minimarket Indomaret dan Alfamart ramai jadi perbincangan warganet usai unggahan Pemerintah Kota Bengkulu yang melarang mereka memungut biaya parkir.

Kini, isu penertiban parkir di minimarket kembali viral usai hadirnya video yang diunggah di laman Instagram @ndorobei.offiicial, dikutip Senin 16 Januari 2023. Lokasinya kali ini berada di Rungkut, Surabaya.

Dalam tayangan tersebut, terlihat petugas Kapolsek Rungkut, Kompol Bambang Prakoso turun langsung mengecek keluhan masyarakat terkait adanya juru parkir di minimarket.

Dua juru parkir yang kedapatan memungut biaya diberi teguran, supaya tidak lagi melakukan aksi ilegal tersebut. Meski bisa dikenai pasal tindak pidana ringan, namun akhirnya mereka dibebaskan setelah berjanji tidak mengulangi lagi perbuatannya.

Uniknya, proses penertiban tersebut mendapat beberapa kecaman dari warganet. Ada yang mengatakan, bahwa juru parkir tersebut hanya berusaha mencari nafkah untuk keluarga.

Udah sih gapapa selagi ga ngerugiin, kadang klo deket rumah sy klo pas ga ada receh jg ga masalah, kita tu ga pernah tau kan bisa jadi tukang parkir itu cuma punya sumber penghasilan darisitu untuk anak istri nya,” kata salah satu warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya