Banyak Orang Indonesia Beli Motor Baru

Motor Honda BeAT di IMOS 2022
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Sepeda motor masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan transportasi sehari-hari.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Angka penjualannya bergantung pada kondisi perekonomian. Ketika kondisi perekonomian baik, penjualan motor akan meningkat, sebaliknya ketika kondisi perekonomian kurang baik, penjualan motor akan menurun.

Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi penjualan motor adalah kebijakan pemerintah, perkembangan teknologi, dan persaingan di antara produsen motor.

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Produsen motor ternama seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki merupakan pemain utama di pasar motor Indonesia. Mereka terus berinovasi dalam menghadirkan produk-produk yang berkualitas, dengan fitur yang semakin lengkap.

Motor Suzuki Nex II di IMOS 2022

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur
Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, dikutip Senin 13 Maret 2023, pada 2021 penjualan motor di Indonesia mencapai angka 5,05 juta unit. Namun di tahun berikutnya, naik menjadi 5,2 juta unit.

Apabila dirata-rata, maka penjualan kuda besi di tahun lalu yaitu sebanyak 435 ribuan unit per bulan. Sementara di Januari tahun ini, angkanya tercatat 615 ribuan unit atau lebih tinggi 41 persen dari rata-rata di 2022.

Kemudian pada Februari 2023, ada sebanyak 575.502 unit sepeda motor berbagai merek dan model yang didistribusikan ke seluruh diler di Indonesia.

Meski angkanya turun 6,4 persen, namun jumlah tersebut masih di atas rata-rata distribusi kendaraan bermotor roda dua di tahun lalu. Bahkan jika dibandingkan dengan Februari 2022, maka di tahun ini ada kenaikan sebanyak 56 persen.

Jika dijumlahkan, maka selama dua bulan di tahun ini sudah ada 1,1 juta unit sepeda motor yang dikirim ke diler-diler di Tanah Air. Dari jumlah itu, sebanyak 90,42 persen merupakan kuda besi yang mengusung desain motor matik. Lalu diikuti motor bebek dengan pangsa pasar 4,95 persen, dan sisanya motor sport.

Sementara itu, untuk ekspor sepeda motor di Februari tahun ini ada 45.627 unit yang dikapalkan ke berbagai negara. Angka itu mengalami peningkatan, dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat 39.269 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya