Vespa Listrik Bakal Mengaspal di Indonesia

VIVA Otomotif: Motor listrik Vespa Elettrica
Sumber :
  • Wired

VIVA Otomotif – Vespa, merek ikonik Italia yang terkenal dengan skuternya yang bergaya dan andal, beberapa waktu lalu memasuki pasar kendaraan listrik dengan Vespa Elettrica.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

Elettrica menjadi skuter listrik pertama mereka, dan telah diterima dengan baik oleh konsumen maupun kritikus. Desainnya mempertahankan gaya klasik skuter Vespa tradisional, namun dengan dapur pacu modern.

Skuter ini dilengkapi dengan layar digital TFT warna penuh 4,3 inci, yang menampilkan semua informasi yang relevan seperti kecepatan, jarak tempuh, dan tingkat baterai.

Royal Enfield Sewakan Motor untuk Berpetualang di Indonesia

Elettrica dilengkapi dengan motor listrik 2 kW, yang dapat mencapai kecepatan maksimum 45 kilometer per jam dan jangkauan sekitar 100 km dengan satu pengisian daya. Tersedia juga tipe yang kecepatannya 70 km per jam.

VIVA Otomotif: Motor listrik Vespa Elettrica

Photo :
  • Wired
Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Vespa Elettrica juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih seperti pengisian daya cepat dan regeneratif, yang memungkinkan pengisian daya saat mengurangi kecepatan atau saat mengerem.

Skuter ini juga dilengkapi dengan kunci pintar, yang memungkinkan pengendara untuk membuka dan menyalakan mesin hanya dengan sentuhan tombol.

Karena menggunakan motor listrik, skuter ini tidak menghasilkan emisi gas buang, sehingga mengurangi polusi udara dan suara. Selain itu, Vespa Elettrica dilengkapi dengan sistem pengereman canggih yang membuatnya lebih aman dan mudah dikendalikan.

Saat hadir di acara buka puasa PT Piaggio Indonesia bersama media, Managing Director and Country Chief Executive Officer PID, Marco Noto La Diega mengatakan bahwa pihaknya berencana mendatangkan motor listrik tersebut ke tanah air.

Meski demikian, hal itu tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Sebab, PID ingin agar semua yang dibutuhkan oleh kuda besi canggih itu sudah tersedia sebelum unitnya resmi dipasarkan.

“Ditunggu saja, tahun ini. Membawa produk ini saja tidak cukup, kami butuh dukungan penjualannya, servisnya, charging station. Kami butuh keseluruhan ekosistemnya,” ujarnya di Jakarta Selatan, dikutip Rabu 5 April 2023.

Marco menuturkan, bahwa pihaknya juga bakal mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah terkait pemasaran motor listrik.

“Pemerintah membuat insentif, membuat peraturannya. Kami akan mempelajari aturan dan ketentuannya, dan kami akan mengikuti aturan pemerintah,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya