Mengenal Rangka eSAF Motor Honda

VIVA Otomotif: Rangka eSAF motor Honda
Sumber :
  • Dok: AHM

Jakarta – Honda merupakan salah satu produsen sepeda motor, yang terus melakukan inovasi untuk menghadirkan produk baru sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Salah satu hasil pengembangan yang dilakukan oleh Honda di Indonesia, yakni mereka menciptakan rangka baru untuk motor jenis skuter matik.

Rangka yang dimaksud diberi nama enhanced Smart Architecture Frame atau biasa disingkat eSAF, dan pertama kali diterapkan pada produk Honda Genio yang mengaspal perdana di 2019.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Rangka eSAF dirancang khusus untuk meningkatkan stabilitas saat berkendara, terutama dalam kondisi berbelok atau bermanuver.

Ini membuat sepeda motor menjadi lebih mudah dikendalikan oleh pengendara, memberikan rasa percaya diri dan kenyamanan ekstra saat berada di jalan.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Salah satu daya tarik utama dari rangka eSAF adalah kemampuannya dalam mengoptimalkan penggunaan ruang.

VIVA Otomotif: New Honda Genio

Photo :
  • Dok: AHM

Hal ini memungkinkan hadirnya fitur-fitur tambahan seperti kotak bagasi berkapasitas lebih besar tanpa mengorbankan desain keseluruhan sepeda motor.

Seperti pada contohnya, Honda Genio yang dilengkapi dengan kotak bagasi 14 liter dan tangki bahan bakar 4,2 liter.

Rangka eSAF hadir dengan bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan model rangka sebelumnya. Hal itu memiliki dampak positif pada performa keseluruhan sepeda motor, termasuk efisiensi konsumsi bahan bakar.

“Rangka yang dipakai Genio lebih ringan delapan persen,” ujar Genio Styling Designer Honda Motorcycle Operations Monozukuri Center, Kaori Kaneko.

Kekuatan dan ketahanan rangka eSAF juga sangat diperhatikan, di mana bahan bakunya menggunakan baja. Ini menghasilkan sepeda motor yang tidak hanya mengutamakan performa, tetapi juga memiliki masa pakai yang lebih panjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya