Cara Unik Pengendara Motor Beri Isyarat Belok

VIVA Otomotif: Pemotor belok pakai sein kaki.
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram @awreceh.id

Jakarta – Adanya media sosial membuat video rekaman unik yang terjadi di jalanan mudah untuk diakses oleh banyak orang, beberapa bahkan menjadi sorotan dan viral.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Seperti yang baru-baru ini diunggah oleh akun Instagram @awreceh.id, di mana seorang pengendara motor yang hendak belok menggunakan kaki sebagai pengganti lampu sein.

Dikutip VIVA Otomotif Selasa 26 September 2023, dalam tayangan terlihat pengendara tersebut mengayunkan kaki kanannya untuk memberi sinyal pada pengguna jalan lain bahwa ia akan berbelok ke arah kanan.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Tingkah unik itu sepertinya dilakukan, karena lampu sein kuda besinya tidak berfungsi normal. Demi keamanan, ia akhirnya memutuskan untuk memberi tanda menggunakan kaki.

”Kakinya kedap - kedip,” kata salah satu warganet.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Ada juga netizen yang berkomentar, bahwa apa yang dilakukan oleh pemotor itu lebih baik ketimbang pengguna jalan yang sama sekali tidak menyalakan lampu sein saat hendak berbelok.

”Mending ini sih daripada ibu-ibu kalau belok ngodenya cuma pake batin,” tulis warganet itu.

”apalagi yg sein kiri tapi beloknya malah kanan,” komentar warganet lainnya.

”Terkadang aku juga sama seperti bapak² ini ngesein pakai kaki,” tutur warganet.

Sebagai informasi, menurut Pasal 112 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengemudi kendaraan bermotor yang akan berbelok atau berbalik arah wajib memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan.

Apabila tidak melakukan hal itu, maka bisa dikenakan sanksi berupa pidana kurungan tiga bulan atau denda Rp750 ribu, sesuai dengan Pasarl 283 UU yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya