Mitos dan Fakta Seputar Ulir Shock Belakang Motor

Shockbreaker motor.
Sumber :
  • welovehonda

VIVA.co.id - Jika kita perhatikan, beberapa motor yang dijual di Indonesia, seperti motor jenis sport dan moge, memakai peredam kejut (shockbreaker) yang berbeda dengan model yang dipakai pada umumnya.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Perbedaan terlihat dari adanya jalur ulir pada batang shock, tepat di besi yang menjadi penumpu pegas. Terkait hal ini, ada mitos yang mengatakan fungsi dari ulir tersebut adalah untuk mengatur tingkat kekerasan shock.

Dilansir dari Therideadvice, Senin 28 September 2015, pendapat tersebut tidak benar. Hal ini, karena tingkat kekerasan per maupun peredam kejut tidak bisa diatur hanya melalui naik turunnya dudukan pegas pada shock.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Fungsi ulir tersebut adalah untuk mengatur jarak main shock, disesuaikan dengan bobot pengendara. Jika pengendara memiliki bobot badan yang cukup berat, otomatis tinggi besi peredam akan turun, sehingga jarak main shock tidak maksimal.

Jadi secara umum, ulir berfungsi untuk menambah tinggi shock, bukan mengatur tingkat kekerasan peredamannya.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Ada cara khusus yang dapat dilakukan untuk mengukur seberapa tinggi, kita harus mengatur jarak main shock. Oleh para teknisi dan pebalap, pengukuran ini biasa disebut dengan istilah pre load.

Pertama adalah dengan memasang standar tengah motor, kemudian ukur jarak dari baut roda belakang ke sebuah titik yang sejajar ke arah atas, misalnya pegangan belakang atau stiker.

Setelah itu, lipat standar tengah dan kembali ukur jarak antara dua titik tersebut. Terakhir, minta seseorang mengukur jarak antara kedua titik, sembari Anda naik di atas motor.

Selisih antara pengukuran pertama dan ketiga disarankan ada di angka 30-40 milimeter (mm), sedangkan selisih antara pengukuran pertama dan kedua sebaiknya 5-10 mm. Angka ini adalah yang disarankan, baik oleh produsen shock maupun para pebalap senior. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya