V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Motor matik
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id - Anda pastinya pernah mendengar ataupun mengalami sendiri V-Belt motor matik putus di tengah perjalanan. Hal ini tentunya sangat mengganggu apalagi saat Anda dikejar waktu.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Ya, V-Belt putus memang menjadi momok bagi pengguna motor matik. Namun menurut Alex, mekanik Muara Besar di Cipinang Timur, Jakarta Timur, mengatakan sebenarnya motor yang mengalami putus bisa diantisipasi sejak dini.

Pengguna sepeda motor harus sering mengecek sepeda motornya, untuk menjaga V-Belt putus di tengah jalan.

"Sebetulnya, hal tersebut dapat dihindari oleh pengguna motor, V-Belt yang sudah harus dilakukan penggantian akan bergetar parah sehingga membuat motor pada tarikan awalnya getar. Pengguna harus melakukan penggantian sebelum 25 ribu km," kata Alex saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Efek buruknya, tambah Alex, apabila motor tidak dilakukan pengecekan secara rutin, akan putus di tengah jalan dan tentunya sangat merepotkan. Selain itu, V-Belt yang mengalami putus di tengah jalan juga akan mengakibatkan roller peyang dan rumah roller rusak. "Jangan dipaksakan, efeknya berbahaya nanti saat dikendarai," ujar dia.

Apabila motor sudah mengalami putus di tengah jalan, menurut Alex, harus dibawa ke bengkel terdekat untuk dibetulkan. "Ya, harus langsung ke bengkel terdekat saja. Minimal mekaniknya yang sudah tahu mesin, jangan asal, karena efeknya juga merusak komponen lainya kalau tidak faham," katanya.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016