Honda Siapkan Penantang Yamaha Xabre, Begini Wujudnya

Desain paten penantang Xabre dari Honda.
Sumber :
  • Visordown

VIVA.co.id - Setelah Yamaha resmi meluncurkan Xabre (M-Slaz) di awal tahun 2016, rival abadinya Honda ternyata tengah mempersiapkan motor sport terbaru yang diyakini akan menjadi pesaing motor di kelas 150cc tersebut.

Seperti dilansir Shifting-gears, Senin 7 Maret 2016, beredarnya gambar motor yang diyakini sebagai pesaing Yamaha Xabre di media sosial menarik perhatian. Honda kabarnya tengah mengajukan hak paten terhadap motor bergaya naked tersebut.

Hadir dengan gaya lebih sporty, motor tersebut memiliki tangki bahan bakar berukuran besar, lampu belakang yang runcing dan fairing di bawah tangki motor yang mampu menambah kesan gagah pada motor sport.

Honda Indonesia Racik Motor Baru 250cc Satu Silinder

Selain itu, motor terbaru Honda ini disebutkan akan menggunakan lampu LED, suspensi up side down di depan dan suspensi belakang yang menggunakan monoshock.

Untuk sektor dapur pacunya, motor ini disebutkan akan menggunakan mesin CB Hornet 160R yakni mesin berkapasitas 163 cc satu silinder yang dapat menyemburkan tenaga hingga 15,7 bhp pada 8.500 rpm dan torsi sebesar 14,76 nm di 6.500 rpm.

Meski belum ada keterangan resmi dari Honda, motor yang juga menggunakan sasis CB Hornet 160R ini disebutkan telah menggunakan standar emisi Euro4.

Kabar ini sebenarnya pertama kali ditulis media Visordown. Disebutkan jika Honda telah mengajukan desain paten dengan wujud seperti di atas tulisan ini. Namun, saat itu, Visordown belum mengetahui apakah motor tersebut berkapasitas mesin besar atau kecil.

Berdasarkan laporan Visordown, Rabu, 2 Maret 2016, desain paten itu sejauh ini memang tampak seperti Honda Hornet dengan penjejalan mesin 160cc yang dipasarkan di India. Tetapi, tentu terlihat aneh jika motor itu akan dipasarkan di sejumlah negara lainnya seperti di kawasan Eropa.

Di sana, tentunya motor tersebut akan terganjal pengaturan emisi Euro4, termasuk kapasitasnya yang tidak sesuai dengan izin yang berlaku. Akan tetapi, bukan tidak mungkin Honda akan menggunakan desain tersebut untuk selanjutnya dicangkokkan dengan mesin lebih besar. Artinya, desain motor kecil dengan mesin besar.

Hal yang bisa diambil dari desain paten ini ialah, Honda kini cenderung mengikuti gaya balap futuristik baik bagian atas dan bawahnya. Bicara profil bagian samping motor tersebut, tangki bahan bakar tampak membungkuk yang tentunya mengingatkan pada Kawasaki Z1000.

New Honda Sonic 150R

Motor 'Ayam Jago' Honda Hadir dengan Warna Baru

Penyegaran ini berdasarkan tren sepeda motor di dunia.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016