Bentuk Motor di Indonesia Kok Mirip-mirip, Kenapa?

New Yamaha Fino 125cc.
Sumber :
  • www.yamahamotor.co

VIVA.co.id - Tidak hanya urusan performa, kunci keberhasilan penjualan sepeda motor dapat moncer, salah satunya juga terletak pada desain yang diusungnya. Desain terkadang menjadi pertimbangan sebagian konsumen untuk memiliki sepeda motor idaman.

Tak heran, jika kemudian seluruh pabrikan coba menawarkan desain terbaik bagi konsumen setianya. Hal tersebut, tentu saja membuat persaingan industri otomotif semakin ketat.

Namun, ada fenomena unik yang terjadi pada industri otomotif, tak terkecuali di Indonesia. Jika diamati, desain sepeda motor terlihat mirip satu dengan lainnya, meski merek berbeda. Tak cuma merek besar, sejumlah merek China, lokal dan sebagainya juga terlihat mirip.

Fenomena desain sepeda motor yang mirip-mirip, diakui Assistant General Manager (GM) Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur. Menurutnya, hal itu terjadi lantaran hukum yang mengatur paten sebuah desain masih lemah.

“Memang di Indonesia itu tidak seperti negara lain. Kalau negara lain mirip-mirip saja bisa dikasuskan. Di sini memang kurang aturan untuk hal tersebut,” katanya  saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa, 15 Maret 2016.

Saat disinggung mengenai motor yang mirip dengan pabrikannya, Masykur mengaku tidak mengambil pusing dengan desain yang mirip dengan motor milik pabrikan asal Jepang tersebut.

“Kita malah senang diikuti (kompetitor), berarti kita semakin di depan. Kita tidak mau mengambil pusing hal itulah. Kalau bicara ngikutin, pasti ada pengikutnya,” kata Masykur.

Yamaha Sambut Positif Kehadiran Pertamax Turbo
Yamaha R25 versi ABS

Motor Yamaha Cocok Diisi Pertamax Turbo?

Yamaha masih melakukan pengkajian terhadap Pertamax Turbo.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016