Oper Gigi Brutale 800 Bisa Lebih Cepat dengan Cara Ini

MV Agusta Brutale meluncur di Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – PT Motor Varese Indonesia mengajak komunitas MV Agusta Owner Club Indonesia dan beberapa awak media untuk merasakan langsung performa gahar dari salah satu motor andalan MV Agusta, yakni Brutale 800, di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Konsumsi BBM Xenia Baru, dan Penantang Fortuner Pecahkan Rekor

Usai mencoba, bagaimana komentar dari anggota komunitas motor gede tersebut?

"Tenaganya lebih halus. Karena sudah Euro4, jadi tenaga lebih dijinakkan, untuk memenuhi regulasi. Tapi sebenarnya, torsi lumayan gede. Pabrikan turunkan tenaga, tetapi kejar ditorsi," ujar Presiden MVAOCI, Febby Sagita.

MV Agusta Superveloce Dinobatkan Sebagai Motor Terindah

Naked bike yang dibanderol Rp530 juta on-the-road Jakarta ini didatangkan secara utuh dari Italia, dengan spesifikasi mesin tiga silinder 798cc yang sudah berstandar Euro4. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga 116 daya kuda dan torsi puncak 86 Newton meter.

Selain mesin baru, sistem perpindahan gigi sudah dilengkapi Electronically Assisted Shift (EAS) versi terbaru. Jadi, perpindahan transmisi bisa dilakukan tanpa menekan kopling, baik itu turun maupun menaikan gigi. Namun, ada cara khusus untuk mendapatkan perpindahan gigi yang mulus.

Motor Naked Paling Brutal 'Dilahirkan' ke Dunia

"Permasalahannya, orang enggak biasa pakai quick shifter. Kuncinya, kalau quick shifter up ini bukaan gas minimal putaran mesin di atas 6.000 rotations per minute (RPM), atau kecepatan minimal 60 kilometer per jam," tuturnya.

Menurutnya, jika hanya 4.000 RPM, perpindahan gigi transmisi tanpa kopling akan sukar dilakukan. Hal yang sama juga berlaku saat menurunkan gigi, jangan sampai RPM turun baru dipindah.

Menururnya, cara kerja quick shifter memang mensyaratkan putaran mesin yang tinggi, agar tenaga mesin tetap optimal. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya