Kenapa Motor Terbaru Peralatan Toolkit-nya cuma Sedikit?

Perlengkapan kunci busi sepeda motor.
Sumber :
  • smartf

VIVA – Dalam setiap unit sepeda motor yang dijual ke pasaran, pabrikan telah membekali perlengkapan yang biasa disebut toolkit yang digunakan untuk memperbaiki tunggangan sewaktu dalam kondisi darurat.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Adapun toolkit tersebut biasanya terdiri dari obeng, kunci busi, kunci pas ukuran 10, tang, dan kunci 'L'. Namun seiring berjalannya waktu, pabrikan hanya menyediakan beberapa toolkit.

Sebut saja pada motor matik dan bebek, hanya terdiri dari obeng, kunci busi dan kunci pas ukuran 10. Pada tipe sport terdiri dari obeng, kunci busi, kunci ukuran 12 dan 14 serta kunci shock. Namun sekali lagi, tiap pabrikan menyediakan jumlah toolkit berbeda-beda pada tiap motornya. Lantas mengapa demikian?

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Ferry mengatakan, pabrikan memang sengaja menyediakan sedikit peralatan toolkit yang biasanya ada di dalam jok motor. Sebab peralatan itu hanya digunakan dalam kondisi darurat.

"Tujuannya hanya untuk persiapan pengguna motor dalam kondisi darurat atau perawatan sederhana, seperti mengencangkan komponen luar, mur dan baut yang longgar," kata Ferry kepada VIVA di Jakarta, Selasa, 12 Desember 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dia mengatakan peralatan toolkit itu memang ditujukan apabila pengendara motor mengalami masalah di jalan. Namun masalah tersebut hanya meliputi bagian luar kendaraan. Lain hal jika masalah tersebut terjadi pada bagian mesin. "Kalau masalahnya di dalam cover bodi motor ya dianjurkan segera ke bengkel resmi. Itu saja sih alasannya," ujarnya.

Senada, Kepala Mekanik Sunda Jaya Motor Ardhani mengungkapkan bahwa peralatan yang disediakan pabrikan hanya diperuntukkan jika terjadi masalah darurat yang dialami oleh pengendara motor di jalan.

"Lagian motor sekarang sudah canggih, teknologinya sudah beda sama motor lama. Sekarang kan teknologinya sudah injeksi, paling masalahnya sama sistem saja," tuturnya.

Kata dia, setiap bengkel saat ini juga selalu menginformasikan kepada konsumennya agar kuda besinya untuk dilakukan servis berkala atau rutin. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan berlebih pada sepeda motor.

"Makanya kenapa servis berkala itu penting, karena bisa menghindari hal-hal seperti mogok di jalan, atau kerusakan lainnya," kata dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya