Mobil Overheat, Lakukan Ini agar Mesin Tak Rusak

Ilustrasi mesin mobil overheat.
Sumber :
  • Autogook

VIVA – Salah satu masalah yang kerap dialami para pemilik mobil lawas adalah naiknya suhu mesin melewati batas.

Tips Mencegah Ponsel Overheating Saat Mengemudi

Masalah yang biasa disebut dengan istilah overheat ini umumnya terjadi, saat mobil digunakan untuk berkendara dengan jarak cukup jauh.

Cuaca yang sangat panas dan kondisi mesin yang kurang prima menjadi penyebab munculnya masalah ini. Tidak jarang mobil harus diderek ke bengkel, akibat pengemudi salah melakukan penanganan darurat.

Bahan Bakar dan Oli Bisa Bikin Mesin Mobil Overheat

General Manager After Sales PT Toyota Astra Motor, Dadi Hendriyadi menjelaskan, langkah pertama yang harus dilakukan pengemudi saat mesin overheat adalah mematikan pendingin udara atau AC.

"Kalau overheat atau mesin panas berlebih, coba matikan AC dulu. Kalau masih terlalu panas, segera cari tempat aman dan matikan mesin untuk mencegah kerusakan mesin," katanya kepada VIVA, Kamis 5 April 2018.

Ini yang Terjadi jika Air Radiator Motor Habis

Setelah itu, Dadi mengimbau pengemudi segera memanggil mekanik atau bengkel terpercaya untuk memeriksa mesin kendaraan.

"Segera menghubungi bengkel atau teknisi kompeten. Kenapa panduan di atas sifatnya umum, karena masalah mesin bisa banyak penyebabnya. Tiap penyebab ada cara penanganan masing-masing," ujarnya. (mus)

Ilustrasi mobil polisi.

Terpopuler: Narkoba Berhamburan dari Mobil Polisi, Bahaya Nyetir Pakai Jeans Ketat

Berita yang membahas mengenai narkoba berhamburan dari mobil polisi dan bahaya nyetir pakai jeans ketat, banyak dibaca sehingga menjadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2024