Bahaya Gunakan Oli Bekas pada Rantai, Cepat Melar

Rantai motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA – Usia rantai sepeda motor akan lebih pendek apabila sering terkena air dan debu tanpa adanya perawatan yang diberikan. Air disebutkan dapat membuat rantai mengalami korosi dan debu dapat menyebabkan rantai cepat kendur.

Kenali Bahaya Bersihkan Rantai Motor Pakai Bensin

Perawatan paling mudah untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah melumasi rantai motor dengan pelumas rantai. Namun, banyak pengendara atau bengkel lebih memilih menggunakan oli mesin bekas untuk melumasi rantai, yang dapat membuat rantai motor cepat kendur.

"Penggunaan oli bekas itu tidak disarankan, karena dapat membuat rantai motor lebih cepat kendur dan melar. Sehingga lebih baik rantai motor itu menggunakan pelumas rantai dan hindari penggunaan oli bekas,” kata Service Advisor R Series, Adit, kepada VIVA, Minggu, 17 Juni 2018.

Kapan Rantai Motor Sebaiknya Dibersihkan?

Selain itu, Adit juga menyebutkan bila penggunaan oli bekas dapat membuat komponen rantai cepat rusak. Sehingga, akan lebih baik bila pemilik kendaraan menghindari penggunaan oli bekas.

“Penggunaan oli bekas itu dapat merusak komponen-komponen yang ada dirantai, seperti O-ring. Sehingga rantai motor itu harus menggunakan pelumas tersendiri, seperti Chain Lube,” ujarnya.

Ternyata Ganti Rantai Motor di Diler Punya Keunggulan Ini
Motor Trail Dipakai Trabasan.

Tips Bersihkan Rantai Motor Trail yang Sering Dipakai Trabasan

Berbeda dibandingkan motor jenis lainnya, motor trail lebih sering digunakan di medan off road yang penuh lumpur dan bebatuan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2022