Rantai Motor Buatan BMW Gak Butuh Pelumas

Rantai motor BMW M Endurance
Sumber :
  • Ultimatemotorcycling

VIVA – Salah satu masalah yang sering dihadapi para pemilik motor bebek dan sport, yakni harus memeriksa rantai secara berkala. Komponen yang ada di roda belakang ini berfungsi sebagai penyalur tenaga mesin ke ban belakang.

BMW Motorrad Luncurkan Motor yang Harganya Bikin Gemeteran

Seiring pemakaian, rantai motor terpapar berbagai macam kotoran, mulai dari debu hingga air bekas hujan. Lama kelamaan, rantai akan kaku dan menimbulkan bunyi berisik. Pemilik harus memberu pelumas, agar bisa kembali normal.

Tak hanya itu, rantai terkadang juga mengalami perubahan panjang, sehingga memerlukan penyetelan ulang jarak antara gir depan dengan belakang.

Tips Bersihkan Rantai Motor Trail yang Sering Dipakai Trabasan

Namun, BMW baru-baru ini mengatakan bahwa mereka memiliki solusi untuk semua masalah rantai. Dilansir VIVA Otomotif dari Rushlane, Jumat 4 September 2020, pabrikan asal Jerman itu meluncurkan produk rantai yang diklaim bebas perawatan.

Baca juga: Pemilik Fortuner Bisa Minder Lihat Mobil Ini, Canggih Banget

Kenali Bahaya Bersihkan Rantai Motor Pakai Bensin

BMW menggunakan bahan khusus yang diberi nama Diamond Like Carbon sebagai pelindung rantai. Bahan tersebut mampu membungkus pelumas khusus yang ada di dalamnya, agar terhindar dari kotoran.

Jadi, rantai tersebut memiliki pelumas yang tidak akan pernah habis atau terpapar zat lain. Dengan demikian, besi rantai tetap bsia bergerak bebas tanpa hambatan.

Cara itu juga ampuh menurunkan gesekan dan tahan terhadap perubahan suhu. Alhasil, pengendara tidak perlu lagi menyetel ulang jarak rantai.

BMW menjual rantai baru tersebut dengan harga 100 Poundsterling, atau setara Rp1,9 juta. Tapi, setiap motor BMW tipe S1000RR dan S1000XR yang dijual sudah dipasangi rantai canggih tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya