Kaca Helm Juga Perlu Dirawat, Ini Caranya

Kaca helm anti polusi udara.
Sumber :
  • Dok: Heltic 3 in 1.

VIVA – Di bagian depan helm biasanya terdapat visor atau yang lebih dikenal kaca helm. Bagian ini berfungsi sebagai pelindung wajah dan mata saat berkendara di jalan. 

Wali Kota Larang Pemotor Pakai Helm Full Face

Mengingat fungsinya yang penting, visor juga perlu dirawat oleh pemiliknya. Pendiri komunitas Belajar Helm, Salcomo Eato, mengatakan perawatan piranti itu mudah dilakukan sendiri di rumah. 

"Setiap kali selesai dipakai visor dilepas, taruh atau rendam di ember berisi air, bisa air biasa atau dicampur sabun. Kemudian digoyangkan agar debu yang menempel di visor turun," ujar Eato di Jakarta, Selasa 31 Juli 2018. 

Tilang Manual Jaring Pelanggaran 3 Kali Lipat dari Elektronik

Ia melanjutkan, setelah itu angkat visor dari wadah air, dan keringkan. Cara mengeringkannya tidak boleh dijemur di bawah sinar matahari langsung. Menurutnya, cukup dianginkan saja. 

"Begitu kering baru dibasuh pakai kain mikrofiber. Sebisa mungkin kain mikrofiber jangan dicampur-campur penggunaannya, khusus untuk visor helm saja, agar enggak ada kotoran yang menempel," tuturnya.

Perjuangan Honda Thailand Melawan Pengendara Motor Ceroboh

Untuk visor iridium atau yang berwarna, proses perawatan dan cara membersihkannya juga sama, tetapi untuk kaca helm model ini disarankan untuk tidak menggunakan air sabun.

"Visor iridium perawatan khususnya sebenarnya sangat sederhana, pakai air biasa saja. Disarankan tidak pakai sabun karena lapisannya akan lebih cepat mengelupas," kata dia.

Kondisi Lalu Lintas malam Takbiran di Bundaran HI

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

Kondisi lalu lintas di Bundaran HI saat malam takbiran ini terpantau padat merayap, terlihat sejumlah kendaraan roda dua hingga mobil memadati badan jalan.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024