Fitur Ini Lebih Penting di Kaca Belakang Ketimbang Wiper

Defogger.
Sumber :
  • Hyundai

VIVA – Saat mengendarai mobil di tengah hujan deras, kaca depan dan belakang harus bersih dan tidak berembun. Jika menyeka air hujan bisa dengan wiper, maka untuk menghilangkan embun di kaca belakang butuh defogger.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Sebab, fungsi wiper tidak bisa menghilangkan embun. Seperti yang disampaikan Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. Dia mengatakan, menghilangkan embun di kaca belakang bukan dengan wiper.

“Wiper itu lebih ke arah membersihkan kaca luar dari hujan dan kotoran. Sapuan wiper belakang luasnya enggak sebesar di kaca depan, makanya perlu defogger,” ujarnya kepada VIVA, Jumat 16 November 2018.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Defogger lebih baik menghilangkan embun di kaca belakang, karena jangkauannya luas. Fitur penghilang embun itu bentuknya garis-garis yang dapat menghantarkan hawa panas.

“Menurut saya, yang dibutuhkan kaca belakang saat musim hujan itu defogger. Kaca belakang berembun, karena perbedaan suhu antara kabin dan suhu luar, dan ini mengganggu pandangan ke arah belakang,” tuturnya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Lantas apakah fitur tersebut sangat penting di Indonesia? Karena, banyak mobil yang belum memilikinya, seperti kategori Low Cost Green Car (LCGC).

“Harusnya penting, tapi harganya mahal, karena elemen pemanasnya menjadi satu dengan kaca belakang. Sehingga, harga mobil jadi kurang kompetitif,” ungkapnya.

Modifikasi wiper Honda Jazz yang bikin ketawa pengguna jalan

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Viral pengguna Honda Jazz ini jadi bahan tertawaan pengguna jalan gara-gara wiper di kaca belakang tidak dalam posisi yang benar, hal itu terlihat ketika dihidupkan.

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2022