Cuma Rp5 Ribu, Tanpa Komponen Ini Pemotor Bisa Celaka

Tutup pentil ban kendaraan
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Setiap komponen pada sepeda motor memiliki fungsi, mulai dari kaca spion hingga lampu. Bahkan, terkadang bagian sepele yang sering diremehkan orang justru memegang peranan penting pada keselamatan.

2 Motor Baru Vespa Mengaspal di Indonesia

Contohnya besi yang ada di ujung setang. Beberapa pemilik motor melepas komponen ini dan menggantinya dengan besi pelindung tuas rem, agar terlihat seperti kuda besi yang dipakai balapan MotoGP.

Padahal, peranti yang kerap disebut dengan nama jalu setang itu berfungsi meredam getaran. Tanpanya, tangan pengendara akan terasa cepat pegal dan kestabilan motor jadi berkurang.

Tukang Taichan Syok, Lagi Asyik Ngobrol Tiba-tiba Mobil Ngebut Tabrak Warung dan 7 Motor

Harga jalu setang memang relatif murah, benda ini bisa dibeli secara online atau di bengkel resmi dengan harga puluhan ribu rupiah.

Ada satu lagi komponen pada sepeda motor, yang juga memegang peran penting pada keamanan saat berkendara. Benda ini harganya sangat murah, yakni Rp5 ribu saja.

Polda Kalbar Hadiahkan 5 Arwana Super Red saat Nobar Timnas Indonesia U-23

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Wahana Honda, Selasa 10 November 2020, komponen yang dimaksud adalah tutup pentil ban.

Pada roda yang masih menggunakan ban dalam, tutup pentil ban memiliki warna hitam dan terbuat dari bahan plastik. Sementara di ban tubeless, bentuknya persegi dan berwarna krom.

Fungsi utamanya ada dua, pertama untuk mencegah udara di dalam ban keluar. Ketika pentil gagal bekerja akibat menerima tekanan terlalu besar, maka tutup pentil akan memastikan bahwa ban tidak langsung kempis.

Selain itu, benda yang juga disebut dengan istilah valve cap ini sangat bermanfaat ketika musim hujan, karena melindungi pentil dari air yang bisa menimbulkan karat.

Baca juga: Video Menegangkan Pemotor Honda Revo Diteror Truk Trailer

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya