Benda Kecil Ini Wajib Dibawa Pengendara Sepeda Motor Matik

Emergency Key untuk membuka bagasi dalam kondisi darurat.
Sumber :
  • viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Teknologi otomotif yang disematkan pada kendaraan terus dikembangkan. Salah satu yang banyak dipakai oleh pabrikan sepeda motor, yakni kunci yang tak lagi berwujud batangan besi dan diganti memakai remote.

Suzuki Luncurkan Skuter Matik Baru Rp24 Jutaan

Kunci canggih tersebut, oleh PT Astra Honda Motor (AHM) diistilahkan sebagai Smart Key System. Kini teknologi otomotif tersebut, bisa langsung dinikmati pengguna skuter matik Honda Vario, PCX, ADV, dan Scoopy.

Technical Servis Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, ketika membeli unit motor baru yang sudah dilengkapi fitur Smart Key System, maka konsumen akan mendapat dua buah remote kunci, barcode pengaman dan emergency key.

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

"Remotenya satu dibawa untuk menyalakan mesin dan membuka bagasi dan yang cadangan bisa ditinggal di rumah. Barcode ini rahasia, berguna saat kunci remote jatuh atau hilang, untuk mendaftar ulang melalui bengkel resmi," ujarnya belum lama ini.

Endro mengatakan, untuk emergency key memang sekilas seperti batangan plastik yang ujung atasnya dilengkapi dengan pembuka. Piranti ini penting dibawa ketika motor dikendarai oleh konsumen. Guna alat tersebut untuk membuka bagasi dalam kondisi darurat.

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

"Emergency key itu harus selalu dibawa, tetapi jangan digantung bersamaan dengan remotenya. Contoh, kadang ada yang suka lupa, remote taruh di jaket lalu dimasukin ke dalam bagasi. Untuk buka bagasinya bisa pakai alat itu," tuturnya.

Untuk membuka bagasi dalam kondisi darurat, kata Endro, bisa dilakukan dengan cara membuka dulu penutup di samping kanan knop kunci kontak. Setelah itu, posisikan ujung emergency key di lubang yang tersedia.

"Setelah masuk ke lubang tadi, putar batang emergency key ke bawah, maka bagasi bisa terbuka. Kalau barang di bagasi sudah diambil, posisikan lubang kunci tadi ke atas dan pasang kembali penutupnya," paparnya.

Baca juga: Toyota Bakal Ikut Jualan Mobil Listrik Murni, Ada Tapinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya