Penyebab Aki Kendaraan Tak Bisa Menyimpan Setrum

Ilustrasi jumper aki mobil
Sumber :
  • Consumerreports

VIVA – Aki memiliki peran penting dalam sistem kelistrikan sebuah kendaraan, maka itu pemilik kendaraan harus paham akan perawatannya. Ada masalah yang kerap terjadi, salah satunya aki
tak bisa menyimpan setrum.

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Arus listrik yang berasal dari aki akan digunakan memutar dinamo starter. Aki yang tidak menyimpan daya tentu tidak dapat memutar starter motor, alhasil kendaraan pun tidak akan menyala.

Penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum ada beberapa hal yang sebagian besar adalah karena kesalahan penggunaan kendaraan. Berikut penyebabnya, seperti dilansir dari Suzuki Indonesia.

Mobil Mau Dipakai Mudik, Jangan Cuma Ganti Oli

1. Usia Aki

Aki pada motor biasanya memiliki garansi satu tahun dengan usia pakai hingga 3 tahun lebih. Bahkan ada yang bisa jauh lebih lama.  Sedangkan aki mobil bisa bertahan rata-rata hingga 5 tahunan. Aki bahkan bisa bertahan lebih lama tergantung perawatannya. Usia pakai aki ini sudah jadi penyebab umum.

Aki Sepeda Motor Mudah Soak? Ini 10 Penyebab dan Solusinya

Biasanya penurunan akan terjadi pada elemen-elemen di dalam aki. Belum lagi reaksi kimia dalam aki juga akan melemah dengan sendirinya. Apabila semua komponen pembentuk aki mulai rusak, maka daya simpannya juga berkurang.

2. Air Aki Habis dalam Waktu Lama

Jika menggunakan aki basah, dan membiarkan air aki telat diisi bahkan sampai kering dan didiamkan dalam waktu lama jadi pemicu kerusakan. Air aki bukanlah jenis air biasa melainkan jenis air yang mengandung elektrolit untuk membantu proses penyimpanan muatan listrik. Berkat air inilah maka aki dapat menyimpan daya dengan baik.

3. Mengisi Aki dengan Air Biasa

Ada beberapa jenis air aki yang digunakan sesuai dengan jenis aki yang dipasang. Ada air aki zuur dengan warna merah yang hanya dimasukkan pertama kali saja.

Kemudian untuk aki yang diisi secara berulang adalah air aki demineral. Artinya air tersebut tidak memiliki kandungan mineral. Kesalahan sering terjadi pada pengisian air aki yang berulang, di mana pemilik kendaraan mengisinya dengan air keran. Padahal kandungan mineral dalam air ini yang akan merusak aki.

4. Kerusakan pada Dinamo Ampere

Penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum yang terakhir adalah kerusakan dinamo ampere karena overcharge. Kerusakan komponen ini akan membuat air aki yang diisi lebih cepat menguap.

Otomatis kerusakan beberapa elemen aki lainnya juga akan terjadi secara berkesinambungan. Aki pun tidak dapat menyimpan setrum kembali dan kerusakan mungkin membuat Anda harus menggantinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya