Cara Mudah Merawat Gear Motor agar Berusia Panjang

Rantai motor BMW M Endurance
Sumber :
  • Ultimatemotorcycling

VIVA – Merawat gigi atau gear sepeda motor jenis bebek dan sport merupakan sebuah keharusan, mengingat komponen satu ini memiliki fungsi sebagai alat untuk menyelaraskan perputaran dan juga penggerak ban.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Diketahui seiring usia pemakaian, kinerja pada komponen ini akan berkurang. Apalagi jika motor sering dipakai sehari-hari, tentu saja gear motor akan mengalami penurunan kemampuan yang cukup signifikan.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan agar selalu dalam performa terbaiknya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam upaya merawat dan membersihkan rantai, agar fungsinya tetap optimal.

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan

Dikutip VIVA Otomotif dari Suzuki, Rabu 30 Marer 2022, ada beberapa cara mudah untuk perawatan gear motor yang bisa dilakukan sendiri di rumah, tanpa harus ke bengkel. Bahkan bisa menghemat biaya, nanti sisa uangnya bisa untuk ditabung.

Membersihkan rantai motor.

Photo :
  • iStock.
Misteri Motor di Jembatan Suramadu, Pengendaranya Anak Stres

Langkah pertama yaitu memberi pelumas pada bagian gear. Cara ini terbukti efektif dan juga tidak membutuhkan banyak waktu jika dilakukan, cukup dengan menyemprotkan langsung ke permukaan gear, maka sudah bisa menjaga performa sepeda motor tersebut.

Perlu diketahui, menggunakan pelumas terhadap rantai bisa membuat kondisi gear menjadi tetap basah, karena apabila keadaan kering maka berpotensi menyebabkan kerusakan, termasuk mengikis. Jangan lupa, untuk membersihkan komponen itu.

Benda tersebut harus dibersihkan setidaknya sebulan sekali menggunakan air dan juga sabun untuk merontokkan berbagai kotoran yang menempel. Setelah dibersihkan, sebaiknya lumasi kembali rantai tersebut agar tidak rusak dan tetap aman.

Langkah selanjutnya dengan menggantikan rantai secara berkala. Untuk mengetahui apakah aus atau belum, salah satunya bisa didengarkan melalui suara kasar yag muncul.

Jika mengalami hal tersebut, maka sebaiknya segera ganti rantai pada kuda besi dengan yang baru, dan dianjurkan ganti satu set gear dengan rantai agar nyaman digunakan. 

Langkah terakhir yaitu, hindari menggunakan oli bekas. Diketahui bahwa oli bekas yang dipakai pada gear motor malah bisa menimbulkan kerusakan sehingga bisa membuat rantai motor menjadi tidak awet. 

Hal ini karena pada oli bekas sendiri terdapat berbagai macam kotoran yang ada pada mesin jadi sangat tidak dianjurkan menggunakan oli bekas untuk pelumas gear motor. Bukannya menjadi bersih dan juga terawat menggunakan oli bekas malah membuat gear motor menjadi kotor dan mudah rusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya