Cara Mudah Merawat Gear Motor agar Berusia Panjang

Rantai motor BMW M Endurance
Rantai motor BMW M Endurance
Sumber :
  • Ultimatemotorcycling

VIVA – Merawat gigi atau gear sepeda motor jenis bebek dan sport merupakan sebuah keharusan, mengingat komponen satu ini memiliki fungsi sebagai alat untuk menyelaraskan perputaran dan juga penggerak ban.

Diketahui seiring usia pemakaian, kinerja pada komponen ini akan berkurang. Apalagi jika motor sering dipakai sehari-hari, tentu saja gear motor akan mengalami penurunan kemampuan yang cukup signifikan.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan agar selalu dalam performa terbaiknya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam upaya merawat dan membersihkan rantai, agar fungsinya tetap optimal.

Dikutip VIVA Otomotif dari Suzuki, Rabu 30 Marer 2022, ada beberapa cara mudah untuk perawatan gear motor yang bisa dilakukan sendiri di rumah, tanpa harus ke bengkel. Bahkan bisa menghemat biaya, nanti sisa uangnya bisa untuk ditabung.

Membersihkan rantai motor.

Membersihkan rantai motor.

Photo :
  • iStock.

Langkah pertama yaitu memberi pelumas pada bagian gear. Cara ini terbukti efektif dan juga tidak membutuhkan banyak waktu jika dilakukan, cukup dengan menyemprotkan langsung ke permukaan gear, maka sudah bisa menjaga performa sepeda motor tersebut.

Perlu diketahui, menggunakan pelumas terhadap rantai bisa membuat kondisi gear menjadi tetap basah, karena apabila keadaan kering maka berpotensi menyebabkan kerusakan, termasuk mengikis. Jangan lupa, untuk membersihkan komponen itu.

Halaman Selanjutnya
img_title