Tips Praktis Merawat Helm Motor Biar Awet

Helm motor di IIMS 2022.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA – Setiap pengendara sepeda motor wajib memiliki helm, yang harus dikenakan saat berkendara. Karena kerap digunakan, banyak pemilik helm tak menyadari bahwa benda tersebut juga butuh perawatan.

Moge Yamaha MT-09 Bakal Digeber dari Borobudur ke Berlin, Intip Spesifikasinya

Apabila tidak dirawat secara berkala, maka helm tersebut bisa hilang keindahannya dan rusak. Maka dari itu, sebagai pemilik wajib merawat helm agar tetap berumur panjang. 

Perlu diketahui bahwa cara merawat helm dengan benar, tentu akan mempertahankan daya dan kekuatan, sehingga standar keselamatan saat berkendara tetap terjaga. Adapun beberapa tips yang bisa diterapkan oleh pemilik helm.

Tangki Bensin Suzuki Thunder Ini di Luar Nalar: Diam Berdebu, Bergerak Menguras SPBU

Store Manager toko helm yang hadir di IIMS 2022, Dimas memberitahu ada cara praktis untuk merawat helm. Ia menjelaskan bahwa cara ini bisa dilakukan cukup di rumah saja dengan peralatan dan bahan yang rumahan.

Ilustrasi helm basah.

Photo :
  • Seva.id
Vespa 946 Dragon Diklaim Laris, Banyak Diminati Kolektor

“Sebenarnya untuk merawat helm itu terbilang mudah dan bisa dilakukan di rumah, tidak harus servis ke mana-mana.  Intinya begini setiap kali pemakaian hal pertama yang harus dilakukan jangan sampai visornya tertutup dan digeletakin begitu aja tanpa alas,” ujarnya kepada VIVA Otomotif Jumat 8 April 2022.

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa setelah digunakan, baiknya visor helm wajib dibuka agar udara masuk sehingga keringat yang menempel pada busa helm cepat kering. Perlu diingat, apabila busa helm masih basah akan cepat rusak dan mengalami kerusakan.

“Selain itu, untuk mencuci helm sebaiknya busanya dilepas terus busanya itu disikat menggunakan sikat gigi yang halus, dan cukup menggunakan sabun cair saja. Perlu diingat sabunnya jangan terlalu menyengat wanginya karena bisa pusing saat digunakan,” tambah Dimas.

Untuk bagian dalam, helmnya cukup menggunakan pakai lap basah saja dan tidak perlu dicelupkan ke air. Perlu diketahui, lap yang digunakan berbahan halus agar tidak menyebabkan lecet atau goresan pada helm.

Sedikit informasi, setelah melakukan beberapa cara tersebut jangan lupa untuk dijemur di tempat yang ada cahaya matahari, dan perlu diingat jangan terlalu lama, cukup satu jam. Pemilik helm bisa melakukan cara praktis tersebut secara berkala setidaknya sebulan sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya