10 Tips Mudik Pakai Motor yang Aman dan Nyaman

Tips Mudik Pakai Motor yang Aman dan Nyaman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Tips mudik Pakai Motor, Tidak terasa tinggal beberapa hari lagi menjelang lebaran 2022, setelah sebelumnya tidak bisa melakukan mudik karena ada PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) karena meningkatnya Covid-19 di Indonesia. Namun kemungkinan besar pada tahun ini mudik bisa dilakukan dengan beberapa persyaratan yaitu tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Bicara Kasus yang Menyeret Sang Adik, Via Vallen: Berani Berbuat Harus Berani Bertanggung Jawab

Mudik bukanlah suatu yang asing untuk warga Indonesia, mudik sudah menjadi tradisi yang sering dilakukan oleh orang Indonesia menjelang idul fitri, hal ini sudah bertahan bertahun-tahun, namun mudik sekarang akan menjadi suatu hal yang beda setelah sebelumnya tidak bisa menjalani aktivitas mudik.

Mudik ke kampung halaman bukan merupakan perjalanan yang mudah, ditambah lagi jika dilakukan dengan menggunakan sepeda motor, hal ini akan terasa sangat melelahkan.

Buntut Kasus Penggelapan Motor, Via Vallen Makin Bongkar Tabiat Buruk Sang Adik

Maka dari itu sebelum melakukan mudik pastikan kondisi anda sehat sehat. tidak hanya sehat secara fisik akan tetapi anda juga harus melihat kondisi kendaraan anda, apakah memungkinkan untuk bisa melakukan mudik dengan kendaraan bermotor atau melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum.

Berikut beberapa tips mudik pakai motor agar perjalanan anda tetap aman saat berkendara, dikutip VIVA Otomotif dari berbagai sumber, Rabu 20 April 2022:

Yamaha Kembangkan Sistem Transmisi Semi Otomatis di Moge, Tak Lagi Pegal Tarik Kopling

1. Periksa Mesin Motor

Ilustrasi ganti oli mesin motor

Photo :
  • Rideapart

Tips mudik pakai motor pertama adalah cek terlebih dahulu mesin kendaraan, bila perlu servis terlebih dahulu sebelum melakukan mudik atau anda bisa melihat elektroda pada bagian busi kendaraan anda, jika busi anda berwarna kecokelatan itu artinya pembakaran mesin bekerja dengan sangat baik, jadi anda tidak perlu untuk menggantinya, jika businya berwarna hitam itu artinya anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

2. Jangan Bawa Muatan Berlebihan

Mudik motor

Photo :
  • U-Report

Tips mudik pakai motor selanjutnya, Jangan melakukan perjalanan mudik dengan membawa muatan berlebihan, hal itu sangat membahayakan diri anda dan pengendara motor yang lain. Sangat tidak disarankan jika membuat bagasi yang dibuat dari kayu dan disimpan di belakang kendaraan motor anda, hal itu sangat membahayakan keseimbangan berkendara.

3. Periksa Kondisi Oli Mesin

Ilustrasi ganti oli mesin motor

Photo :
  • Returnofthecaferacers

Tips mudik pakai motor, melihat kondisi mesin anda terlebih dahulu sebelum berangkat, alangkah baiknya penggantian oli itu dilakukan secara rutin setiap bulannya agar kondisi motor tetap prima. Namun sebagian pengendara sangat melalaikan hal seperti ini karena aktivitas yang sangat sibuk, akan tetapi jika ada ingin melakukan mudik ganti oli terlebih dahulu sesuatu yang harus dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Istirahat yang Cukup

tidur dibulan ramadhan

Photo :
  • U-Report

Mudik menggunakan motor itu sangat melelahkan apalagi jika kampung halaman sangat jauh, hal yang perlu dilakukan saat mudik menggunakan motor sempatkan waktu untuk beristirahat ketika anda sudah mengendarai motor selama 3-4 jam, ketika anda istirahat diusahakan untuk tidur minimal 30 menit untuk mengembalikan stamina anda, hindari mengendarai motor saat kondisi anda sedang mengantuk.

5. Kondisi Ban

Ban motor IRC RX-02

Photo :
  • IRC

Tips mudik pakai motor, cek kondisi ban kendaraan anda tidak kalah penting dengan yang lain, sebelum melakukan mudik lihat terlebih dahulu ban anda, apakah kondisinya masih memungkinkan untuk bepergian jarak jauh atau mungkin harus diganti. pasalnya ketika ban anda dalam kondisi yang prima akan memudahkan motor berjalan sangat seimbang, jika kondisi ban motor anda buruk hal itu akan membahayakan anda atau pun pengendara lain. ditambah lagi jika dalam kondisi hujan, kondisi ban yang jelek itu lah yang sering menyebabkan kecelakaan berlalu lintas.

6. Sebaiknya tidak Membawa Anak Kecil

Pemudik menggunakan sepeda motor melintasi jalur selatan Jawa Tengah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Tips mudik pakai motor, alangkah baiknya tidak mengendarai motor lebih dari dua orang, seperti kebanyakan yang mudik selalu membawa si buah hatinya untuk ikut mudik, entah itu berada di posisi depan maupun tengah, hal itu juga sangat membahayakan para pemudik, Jika anda memiliki anak alangkah baiknya menggunakan kendaraan roda empat atau angkutan umum seperti naik Bus atau Kereta, hal itu mungkin akan lebih aman untuk anda keselamatan keluarga anda.

7. Cek Sistem Pengereman

Mengganti kampas rem motor.

Photo :
  • http://edorusyanto.wordpress.com

Cek kondisi pengereman motor anda merupakan salah satu yang paling penting dalam tips mudik pakai motor. kondisi rem prima akan membuat anda merasa tenang ketika akan mudik, akan tetapi ketika kondisi rem anda sudah dalam keadaan rusak, seperti kampas rem, atau minyak dalam kondisi yang kurang prima, segeralah untuk mengganti beberapa permasalah yang ada dalam rem anda.

8. Rencanakan Perjalanan

Antrean Pemudik Motor di Tol Merak

Photo :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama

Tips mudik pakai motor selanjutnya yang tak kalah penting adalah mempersiapkan perjalanan anda, sebelum berangkat mudik, alahkah baiknya anda harus memetakan dari mulai jalur yang akan dilewati dan jam keberangkatan, kemudian catat jalur-jalur penting. Dengan itu akan memudahkan anda untuk mudik dan tidak lupa catat nomor-nomor posko kepolisian, dalam pokso itu bisa anda manfaatkan untuk beristirahat sejenak.

9. Gunakan Jaket Atau Pelindung Tubuh

Pemudik Kendaraan Bermotor Roda Dua

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Menggunakan jaket atau pelindung tubuh merupakan langkah yang tepat dan itu merupakan sangat disarankan untuk para pemudik, baik itu pengendara atau pun pembonceng. hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya angin malam yang bisa saja mengganggu kondisi tubuh anda, tidak hanya menggunakan jaket saja, alangkah baiknya jika anda mungkin sangat disarankan untuk menggunakan celana panjang atau mungkin celana yang khusus yang dilakukan oleh orang-orang touring.

10. Gunakan Helm Full Face

Pemudik motor.

Photo :
  • U-Report

Tips mudik pakai motor terakhir, alangkah baiknya ketika ingin mudik, gunakanlah helm full face, hal ini sangat membantu perjalanan jauh anda, pasalnya helm full face itu menutupi arena semua kepala, jadi jika terjadi hal yang tidak diinginkan, setidaknya menggunakan helm full face bisa tetap aman di bagian kepala. Akan tetapi banyak pemuda yang enggan menggunakan helm full face karena beberapa alasan seperti mahal, berat. Jika anda tahu fungsi dari helm full face ini mungkin anda akan selalu menggunakan helm itu saat mudik.

Di atas merupakan beberapa tips mudik pakai motor, jika kondisi anda dalam keadaan tidak prima alangkah baiknya untuk mengurungkan niat anda mudik dengan menggunakan sepeda motor, anda bisa melakukannya dengan menggunakan kendaraan umum seperti kereta atau bus. Jika memang harus terpaksa menggunakan motor alangkah baiknya periksa terlebih dahulu kondisi kendaraan motor anda, supaya mudik anda terasa aman dan nyaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya