Bikin Mobil Kembali Nyaman, Mumpung Long Weekend

Ilustrasi. Mencuci mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA – Akhir pekan panjang atau long weekend biasanya dimanfaatkan orang untuk pergi berlibur bersama keluarga. Namun, ada juga yang memilih untuk bersantai di rumah sembari melakukan hal yang tertunda.

Video Tabrakan Beruntun Mercy G-Class Hantam Tiga Kendaraan di Medan

Misalnya membersihkan mobil, usai dipakai sehari-hari untuk menjalani rutinitas. Biasanya, tempat pencucian kendaraan banyak yang penuh sehingga membuat konsumen harus antre.

Jika sedang tidak ingin keluar rumah namun mau mobil bersih dan nyaman, bisa melakukannya sendiri. Caranya tidak susah, dan waktu yang dihabiskan tidak akan terasa karena saking asyiknya.

Syarat Membuat Pelat Nomor Cantik Kendaraan dan Biaya Bikinnya

Dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Auto2000, Sabtu 14 Mei 2022, mulai dengan mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti air bertekanan, kain chamois, kain microfiber, sampo mobil, ember, cairan pembersih, dan bahan perawatan mobil.

Jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung, usahakan di pagi atau sore hari saat cuaca tidak terlalu dingin atau panas. Keluarkan seluruh barang pribadi dari dalam mobil, untuk memudahkan proses pembersihan.

Gaji UMR Bisa Punya Pajero Sport, Masih Sisa Banyak

Semprot bodi menggunakan air bertekanan dari kolong mobil serta ban, untuk merontokkan kotoran yang menempel, terutama sisa air hujan. Pastikan kolong mobil bersih untuk menghindari timbulnya karat.

Ilustrasi. Mencuci mobil.

Photo :
  • www.toyota.astra.co.id

Gunakan sampo untuk membersihkan bodi mobil dan dibilas untuk meluruhkan kotoran. Seka dengan kain microfiber, dan pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi dan kaca mobil.

Jangan semprot ruang mesin dengan air bertekanan tinggi, cukup memakai lap atau microfiber basah untuk mengangkat kotoran. Keluarkan karpet dari dalam mobil, lalu bersihkan dengan sikat atau lap dan jemur hingga kering.

Manfaatkan penyedot debu di rumah untuk membersihkan interior, untuk jok kulit sintetis bisa diseka dengan lap yang sebelumnya direndam air hangat. Lanjutkan ke bagian bagasi, pastikan semua area bersih karena tempat ini kerap digunakan untuk menaruh berbagai macam barang.

“Bila tidak cukup waktu, silahkan datang ke bengkel Auto2000 untuk mencuci sekaligus mendapatkan layanan salon mobil yang tersedia,” ujar Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya