5 Penyebab Motor Overheat dan Cara Menanganinya

Pelindung radiator motor Honda CBR250RR.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA – Sepeda motor zaman sekarang dibekali mesin dengan performa yang lebih tinggi, agar bisa memberikan pengalaman berkendara yang lebih mengasyikkan.

Bicara Kasus yang Menyeret Sang Adik, Via Vallen: Berani Berbuat Harus Berani Bertanggung Jawab

Para produsen mengerahkan kemampuan mereka, untuk merancang jantung pacu yang dapat menghasilkan tenaga besar tanpa mengorbankan konsumsi bahan bakar.

Untuk meredam panas yang dihasilkan, beberapa model dibekali dengan fitur radiator seperti yang dipasang di mobil. Indikator dipasang di panel instrumen, agar pengendara bisa memantau kondisinya.

Buntut Kasus Penggelapan Motor, Via Vallen Makin Bongkar Tabiat Buruk Sang Adik

Speedometer Honda PCX 150

Photo :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta, Danang Priyo Kumoro mengatakan bahwa beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kondisi overheat pada mesin sepeda motor,

Yamaha Kembangkan Sistem Transmisi Semi Otomatis di Moge, Tak Lagi Pegal Tarik Kopling

1. Cairan pendingin habis
Jika cairan pendingin habis atau kurang dari standar, hal tersebut akan menyebabkan sistem pendinginan mesin tidak akan bekerja secara ideal.

2. Kipas radiator mati
Fungsi kipas radiator adalah untuk mendinginkan cairan pendingin. Apabila mati, bisa menyebabkan cairan pendingin menjadi lebih cepat panas dan tidak bekerja optimal.

3. Thermostat tidak bekerja
Jika tidak bekerja atau tidak terbuka saat temperatur mesin tinggi, maka cairan pendingin tidak akan dialirkan ke mesin yang menyebabkan overheat.

4. Sensor temperatur mesin bermasalah
Sensor yang bermasalah tidak akan membaca kondisi temperatur dengan benar. Kesalahan informasi dari sensor akan mempengaruhi kinerja mesin saat dihidupkan atau lampu indikator high temperature akan menyala.

5. Pompa cairan pendingin bermasalah
Meski cairan pendingin yang ada di dalam tangki reservoir dalam kondisi penuh, tidak akan ada gunanya jika pompa cairan tidak bekerja dengan normal.

Danang menuturkan, ada cara penanganan yang bisa dilakukan pengendara saat mesin motor mengalami panas berlebih. Pertama, matikan mesin dan biarkan temperatur mesin turun atau dingin.

Lalu, periksa kondisi selang radiator apakah ada kebocoran. Berikutnya, periksa volume cairan pendingin di tangki reservoir, apakah masih dalam batas normal atau kurang. Jika terjadi masalah, maka segera bawa ke bengkel AHASS terdekat.

“Salah satu manfaat pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel AHASS, adalah untuk menjaga mesin dan komponen sepeda motor selalu dalam kondisi optimal. Sehingga, sepeda motor akan selalu dalam kondisi prima dan siap diandalkan,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Minggu 29 Mei 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya