Cara Tepat Merawat Mobil Putih agar Tidak Memudar

Ilustrasi mobil warna putih
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Para pemilik mobil dengan warna putih, pasti ingin kendaraannya tetap elegan dan indah. Untuk memenuhi hal itu, butuh perawatan tambahan agar warna mobil tidak gampang memudar.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 28 April 2024

Pasalnya, mobil warna putih dinilai sensitif dibanding dengan cat warna lain. Apalagi kendaraan digunakan untuk aktivitas sehari-hari yang melewati hujan, lumpur dan kotoran di jalanan. 

Oleh karenanya, merawat mobil putih perlu diperhatikan detail. Lantas, bagaimana caranya? Dikutip VIVA Otomotif dari Suzuki, ada beberapa cara mudah merawat mobil putih agar tidak memudar.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Mobil Lexus putih B 1710 PSD, yang biasa dikendarai Prabowo Subianto.

Photo :
  • Reza Fajri

Cara pertama yang bisa dilakukan dengan mengurangi penjemuran mobil di bawah matahari langsung. Usahakan untuk mendapat tempat yang teduh sebelum benar-benar ditinggalkan. Hal itu bertujuan untuk menjaga mobil putih dari sinar UV yang menyebabkan warna bisa menguning.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Akan lebih baik jika memarkir mobil di dalam gedung yang memiliki basement. Carilah tempat yang benar-benar teduh, sehingga sinar matahari tidak akan mengenai mobil. 

Selain cara tersebut, cara lainnya yaitu menggunakan teknik mencuci mobil yang baik dan benar. Dalam mencuci mobil, sabun jangan terlalu lama dibiarkan lantaran menimbulkan efek tidak baik bagi warna putih mobil.

Teknik mencuci mobil putih yang benar dengan membilas bagian yang sudah terkena sabun khusus sesaat sebelum berpindah pada bagian mobil yang lain. Terapkan cara ini ketika sedang mencuci mobil di rumah.

Untuk cara terakhir yang dapat dilakukan dengan melakukan treatment di salon mobil. Kegiatan ini berfungsi untuk menghilangkan warna yang sudah menguning di mobil putih. Diketahui dalam melakukan treatment ini butuh biaya tambahan.

Adapun harga yang ditawarkan di salon mobil mulai dari Rp4 juta sampai Rp7 juta tergantung ukuran mobilnya. Namun, ada paket yang lebih murah dengan perawatan yang sama seperti detailing yang cuma memakan biaya antara Rp1 juta hingga Rp2 juta saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya