Cara Mudah Merawat Mobil Listrik agar Performanya Terjaga

Nissan Leaf edisi 2021.
Sumber :
  • Dok: Nissan

VIVA  – Saat ini mobil listrik tengah diganduringi oleh kalangan pecinta otomotif. Hal itu didukung oleh beberapa produsen mobil yang baru saja mengeluarkan produksi kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) di tahun ini.

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Apabilla Anda salah satu pengguna mobil listrik, penting untuk mengetahui cara merawat mobil jenis baru tersebut. Bahkan mobil ini perlu perhatian lebih demi menjaga performa saat berkendara.

Lantas, bagaimana cara merawatnya? Dikutip VIVA Otomotif dari Nissan, Kamis 2 Juni 2022, ada beberapa cara mudah dalam merawat mobil listrik yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Mobil listrik Nissan LEAF

Photo :
  • VIVA/Jeffry Yanto

Cara merawat pertama adalah dengan menjaga kapasitas baterai. Diketahui, mobil listrik menggunakan mesin baterai sebagai tenaga penggerak kendaraan. Usahakan, ketika sedang menggunakan mobil ini kapasitas baterai jangan sampai di bawah 40 persen.

Honda Kenalkan 3 Mobil Listrik Terbarunya Ye Series, Siap Jegal BYD

Apabila dipakai dalam jangka cukup lama dan kehabisan baterai, maka akan sulit untuk mencari pengisi daya. Sementara, untuk pengisian maksimum, ada baiknya daya pengisian maksimum yang ideal antara 80 persen hingga 90 persen. Hal itu dikarenakan pengisian daya 100 persen bisa berpengaruh terhadap degradasi usia pakainya.

Untuk cara merawat lainnya dengan memilih parkiran yang tepat. Usahakan parkir kendaraan di tempat yang sejuk dan hindari parkir di tempat dengan suhu tinggi atau terkena sinar matahari secara langsung.

Perlu diingat, pengaruh panas matahari akan berdampak pada kapasitas dan masa pemakaian baterai mobil. Jika memang terpaksa memarkirkan kendaraan di tempat terbuka, sebaiknya lindungilah dengan cover mobil. Bahan cover juga harus mampu menangkal panas agar tidak mengalami overheat.

Selain memilih parkiran yang tepat, cara merawat mobil listik yakni dengan cek software secara berkala. Beberapa mobil listrik yang berteknologi tinggi, dilengkapi juga dengan software dalam sistem pengoperasiannya. Sebagai pemilik, perlu mengecek sistem tersebut secara rutin agar tidak mengalami masalah.

Sebagaimana contoh, kapan waktu untuk melakukan pembaruan atau update perangkat lunak agar bisa menikmati fitur terkini. Selain itu, pengecekan software penting juga untuk mendukung sistem operasional mobil listrik berjalan dengan baik.

Cara merawat mobil listrik terakhir yaitu dengan cara mengecek komponen-komponen lainnya. Adapun komponen penting dalam mobil seperti radiator pendingin baterai dan dinamo, filter AC, dan kampas rem.

Sebagai pemilik kendaraan listrik, penting untuk memperhatikan komponen tersebut. Apabila tidak dirawat, maka akan menyebabkan gangguan dan masalah, salah satunya dapat mengurangi performa mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya