Ini Alasan Oli Mesin Wajib Rutin Diganti

Ilustrasi ganti oli mesin mobil
Sumber :
  • Dok: PTPL

VIVA – Oli mesin menjadi salah satu komponen pada kendaraan bermotor, yang memiliki banyak fungsi mulai dari melumasi bagian jantung pacu supaya bisa bekerja dalam kecepatan tinggi, hingga membantu menjaga suhu agar tetap optimal.

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Pemilik kendaraan wajib melakukan pergantian oli secara berkala, guna menjaga kondisi mesin tetap optimal sekaligus menjaga keawetan komponen-komponen di dalamnya.

Pelumas atau oli mesin umumnya dilengkapi beragam kandungan, misalnya zat aditif yang bertujuan meningkatkan kualitas base oil atau memberikan kemampuan lain dari sebuah produk pelumas.

Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

Berikut lima fungsi penting oli mesin kendaraan, dilansir VIVA Otomotif dari keterangan resmi Pertamina Lubricants, Sabtu 25 Juni 2022:

Ilustrasi menuang oli mesin mobil

Photo :
  • Dok: PTPL
Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

1. Pelumas
Fungsi utama oli mesin adalah memberikan pelumasan, terhadap setiap komponen mesin yang membutuhkan. Tugasnya mencegah terjadinya gesekan antar suku cadang, seperti piston dan dinding silinder.

2. Mencegah kebocoran di ruang bakar
Selain melumasi, oli mesin juga berfungsi mencegah terjadinya kebocoran di ruang bakar. Saat melumasi antara dinding silinder dan piston, adanya oli akan membuat celah yang ada menjadi tertutup, sehingga tidak ada campuran udara dan bahan bakar yang bocor ke bagian bawah mesin.

3. Mendinginkan mesin
Suhu panas lumrah terjadi, saat komponen di dalam mesin bekerja. Tapi dengan adanya oli mesin, temperatur akan tetap ada di angka ideal. Namun, jangan berharap kondisi itu terus terjadi saat telat atau lupa melakukan penggantian oli. Pada kasus tertentu, oli mesin juga dapat menguap seiring pemakaian.

"Karena tugasnya yang seperti itu, oli mesin mempunyai masa pakai atau usia pakai yang berkisar selama enam bulan atau sekian kilometer, mana yang tercapai terlebih dahulu,” ujar Technical Specialist PTPL, Brahma Putra Mahayana.

4. Pengendali kontaminan
Meski sudah ada pelumas, namun gesekan antar komponen mesin akan tetap terjadi. Serpihan berukuran mikro, akan dibawa oleh oli ke saringan agar tidak menimbulkan penyumbatan.

5. Mencegah karat
Setiap bagian mesin terbuat dari bahan logam, yang berisiko mengalami korosi atau karat. Adanya aditif pada oli, akan membuat logam tersebut menjadi lebih awet.

“Produk pelumas Pertamina dilengkapi dengan formulasi Nano Guard Technology, teknologi pelumas sintetis yang terbukti efektif melindungi mesin serta membersihkannya secara menyeluruh hingga celah tersempit,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya