Tips Mudah Merawat AC Mobil agar Berumur Panjang

Ilustrasi AC mobil
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ac mobil merupakan rangkaian komponen yang dibuat, untuk mengatur suhu dan kelembapan di dalam kabin. Sebagai pemilik mobil, penting untuk merawat komponen ini agar berumur panjang.

Tidur dengan AC Menyala? Hati-hati 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Lantas bagaimana caranya? Authorized Servic AC Gree, Khoirudin mengatakan sejatinya merawat AC mobil sama saja dengan model yang dipasang di rumah atau kantor. Salah satunya, dengan sering membersihkan saringan udara satu bulan sekali.

“Untuk merawatnya ya dengan sering membersihkan saringan udara aja, ya minimal satu bulan sekali agar tetap terjaga kualitasnya,” ujar Khoirudin kepada VIVA Otomotif, Rabu 29 Juni 2022.

Satu Keluarga Keracunan AC Mobil hingga Tewaskan 1 Orang, Ini Tips Mencegahnya

Komponen AC

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Lebih lanjut Khoirudin menjelaskan, jika AC tidak dingin penyebabnya bukan hanya freon habis, melainkan ada penyebab lain seperti kipas pembuang panas atau magnetik kompresor rusak.

Kronologi Sekeluarga Keracunan AC Mobil saat Mudik, Satu Orang Tewas

“Jika pemilik mobil sudah tidak merasakan AC tidak dingin, gejala awal bukan hanya freon habis, tetapi juga kipas pembuanganya panas, kondensornya mati, atau magnetik kompresor rusak,” tambahnya.

Perlu diingat, dalam merawat AC mobil biasakan membersihkan filter udara sering dibersihkan. Ditambah, untuk cleaning sekitar dua atau tiga tahun sekali. Pasalnya, AC mobil itu bentuk dan penempatannya berbeda seperti rumah.

“Kalau saya bersihkan filter udara itu sebulan sekali, dan untuk cleaning sekitar dua atau tiga tahun sekali. Soalnya AC mobil bentuk dan penempatannya berbeda seperti AC rumah, namun sistem kerja hampir sama,yang beda jenis freon dan mekanikalnya,” jelas Khoirudin.

Berbicara soal AC, baru-baru ini layanan teknisi Gree di Indonesia resmi dibuka secara bersamaan di beberapa wilayah di Indonesia. Gree Electric Appliances Indonesia adalah perusahaan pembuat pendingin udara internasional yang memadukan riset dan pengembangan.

Saat ini, industri HVAC di pasar Indonesia tumbuh dan berkembang pesat. Oleh karena itu, perusahaan merancang sistem pendinginan keseluruhan dari sudut pandang pelanggan telah menjadi kunci inti untuk mempromosikan perkembangan industri yang sehat.

“Gree Indonesia selalu berkomitmen untuk menyediakan produk-produk ac terbaru yang paling andal, hemat energi, ramah lingkungan, dan berkualitas terbaik sejak didirkan,” ujar CEO PT Gree Electric Appliances, Ethan Wu di Jakarta Utara.

Gree Indonesia mulai mendirikan training center di Jakarta, Surabaya, Semarang dan Medan pada awal tahun 2022, yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat teknis keseluruhan industri pendingin udara melalui pelatihan praktis dan pembelajaran sistematis.

Setelah selesainya empat pusat pelatihan tersebut, cakupan pelayanan akan mencakup seluruh pulau Jawa dan Sumatera. Ini diharapkan dapat memberikan lebih dari 200 kelas kursus pelatihan AC untuk ribuan desainer HVAC dan teknisi AC setiap tahunnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya