Ada Cara Aman Mencuci Mesin Mobil

Ilustrasi tune up mesin mobil.
Sumber :
  • Seva.id

VIVA Otomotif – Mesin mobil merupakan komponen penting untuk dirawat setiap pemilik kendaraan ini. Sebab, jika dibiarkan maka bisa berpotensi mengalami kerusakan.

Bagi Pemilik Penting Mengetahui Penyebab Sepeda Motor Mudah Tersendat

Banyak dari pemilik yang acuh terhadap komponen ini, lantaran dianggap terlindungi sehingga tidak perlu dibersihkan. Padahal, mencuci bukan hanya perkara menjaga kebersihan, melainkan menjaga komponen-komponen di sekitarnya bekerja dengan maksimal.

Apabila tidak dirawat dengan baik, mesin mobil dan area sekitarnya bisa mengalami masalah, salah satunya mogok atau mesin mati. Untuk itu, penting mengetahui merawat mesin mobil. Lantas, bagaimana caranya?

Pameran Ini Hadirkan Tidak Hanya Kendaraan Listrik

Ilustrasi memeriksa mesin mobil

Photo :
  • Carsome

Dikutip dari laman resmi Suzuki, Jumat 15 Juli 2022, untuk membersihkan area mesin hal pertama yang harus dilakukan adalah kenali dulu bagian-bagian komponen elektrikal disimpan. Misalnya bagian ECU, sekring-sekring, dan komponen lainnya yang berhubungan dengan elektrikal.

Begini Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Listrik

Sebelum dibersihkan, tutupi semua komponen tersebut dengan plastik, atau minimalnya terlindung dari cipratan air. Kalau ada kabel yang tidak terbungkus, atau bungkusnya sudah terkelupas, segera bungkus kembali dengan isolasi. Ingat, harus rapi agar air tidak menyelinap ke dalamnya mesin.

Untuk langkahnya, pertama siapkan water spray, dan cuci mesin seperti biasa. Ingat, harus tetap waspada dengan komponen yang tadi sudah dilindungi. Setelah disabuni, semprot bagian mesin dengan degreaser sambil disikat lembut. Kalau bisa menggunakan sikat gigi bekas, atau engine brush.

Selain itu, semprot kembali area tersebut dengan air untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran, sekaligus membersihkan bekas sabun yang masih menempel di sekitar mesin. Setelah dipastikan bersih, semprot bagian-bagian yang dicuci tadi dengan kompresor angin. Hal ini dilakukan untuk membuang sisa-sisa air di sekitar mesin.

Untuk menghindari timbulnya kerak, sebaiknya mobil jangan langsung dipakai. Jadi, diamkan selama dua hingga tiga jam untuk memastikan bagian mesin kering. Setelah didiamkan baru nyalakan kembali mesin.

Sembari memanaskan mesin, tidak ada salahnya mengecek semua komponen yang berhubungan dengan sistem kelistrikan, termasuk lampu-lampu, klakson dan lainnya. Hal itu untuk mengetahui bahwa komponen tersebut aman dan pastikan semuanya sudah kering maksimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya