Matikan Motor Pakai Standar Samping Bikin Aki Soak?

Ilustrasi standar samping sepeda motor
Sumber :
  • 100kpj

VIVA Otomotif –  Motor-motor keluaran terbaru saat ini sudah memakai fitur-fitur yang canggih. Salah satunya adalah side stand switch menjadi salah satu teknologi yang mempermudah pengoperasian motor matik.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Teknologi tersebut memnuat mesin motor akan langsung matik jika kita menurunkan standar samping. Pada bagian pangkal standar, dihubungkan dengan engine control unit (ECU) untuk memutus sistem pengapian secara otomatis.

Saat standar samping digunakan, mesin motor tidak akan bisa dinyalakan sehingga potensi kecelakaan karena tuas gas terputar. Namun, berkat kecanggihan ini banyak yang sering mematikan motornya pakai standar samping, bukan lewat kunci kontrak.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Ternyata, hal tersebut bukan masalah yang besar. Akan tetapi, ternyata berpotensi membuat aki motor menjadi soak, jadi lebih baik mematikan mesin motor lewat kunci kontak.

"Pada dasarnya tidak masalah, namun ada potensi hal ini membuat aki soak. Jadi saat standar samping diturunkan, kunci kontak harus segera di posisikan ke off," tulis keterangan di Wahana Honda.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Jika saat mematikan mesin lewat standar samping fungsi kelistrikan motor masih bekerja. Sebut saja lampu utama dan panel instrumen yang masih bekerja.

Maka dari itu, jika terlalu lama dibiarkan menggunakan cara ini aki akan cepat tekor. Apalagi pada motor yang lampunya belum LED, membutuhkan arus listrik yang lebih besar.

Sama halnya kalau kita matikan mesin menggunakan switch cut off yang ada di stang motor sport. Kalau kunci kontaknya tidak di off, pasti baterai  dijamin soak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya