Tips Mudah Merawat Motor di Rumah

Ilustrasi mengecek busi
Sumber :
  • Dok: Pertamina

VIVA Otomotif – Sepeda motor masih menjadi alat transportasi yang paling disukai di Indonesia, hal ini bisa dilihat dari angka penjualannya yang mencapai jutaan unit setiap tahun.

Aksi Cornering Ukhti Cantik Pakai Honda Beat seperti di MotoGP, Endingnya Bikin Ngilu

Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh kuda besi tersebut, mulai dari biaya operasional murah hingga praktis digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Perawatannya juga lebih sederhana dan terjangkau, serta beberapa bisa dilakukan sendiri oleh sang pemilik di rumah. Berikut beberapa contohnya:

1. Mencuci motor
Menjaga kebersihan motor tidak hanya bermanfaat pada tampilannya yang selalu mengilap, namun juga kondisi komponen yang bebas dari kotoran sehingga usia pakainya lebih lama. Proses pencucian disarankan untuk dilakukan dengan benar, mulai dari menggunakan sabun hingga mengeringkannya agar tidak muncul jamur dan korosi.

Ducati Rilis Monster Edisi Legenda Formula 1

2. Tekanan angin ban
Ban menjadi komponen yang fungsinya sangat penting, itu sebabnya kondisi dari karet bundar ini harus selalu dijaga termasuk tekanan anginnya, karena berdampak pada stabilitas dan konsumsi bahan bakar.

Ilustrasi mengecek tekanan ban.

Photo :
  • Dok: Pertamina
Moge Yamaha MT-09 Bakal Digeber dari Borobudur ke Berlin, Intip Spesifikasinya

3. Bersihkan saringan udara
Saringan udara yang kotor akan membuat pemakaian bensin jadi lebih boros, dan juga berisiko mengganggu kinerja mesin saat sedang digunakan. Jika sudah terlalu kotor, segera ganti dengan yang baru.

4. Mengecek busi
Penggunaan bahan bakar yang kualitasnya rendah bisa memicu busi kotor, demikian pula apabila ada kerusakan pada bagian dalam mesin sehingga oli masuk ke ruang bakar. Oleh sebab itu, komponen ini sebaiknya diperiksa secara berkala.

3. Ganti oli mesin secara rutin
Pelumas berfungsi memudahkan komponen mesin bergerak dengan lancar tanpa hambatan. Senyawa ini memiliki usia pakai, sehingga perlu diganti secara berkala. Waktunya disesuaikan dengan seberapa sering motor digunakan, atau jarak tempuh.

"Paling mudah untuk mengetahuinya adalah membaca buku manual. Namun, kami menyarankan sebaiknya oli mesin diganti setiap 2.000 kilometer," ujar Technical Specialist dari PT Pertamina Lubricants, Brahma Putra Mahayana melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu 17 September 2022.

Brahma menuturkan, Pertamina Lubircants memiliki beragam produk untuk berbagai jenis motor yang tergabung ke dalam lini Pertamina Enduro Series. Untuk motor tipe bebek dan sport yang menggunakan sistem kopling basah, mereka menyediakan Enduro 4T Sport 5W-30, Enduro 4T Racing 10W-40 dan Enduro 4T 20W-50. 

“Salah satu keunggulan oli Enduro 4T Racing adalah memiliki fitur anti-slip kopling yang menjadikan tarikan motor lebih bertenaga. Oli Enduro 4T Racing ini juga sudah melalui pengujian variable speed friction test dengan koefisien friksi yang lebih sesuai dibandingkan dengan oli lain yang spesifikasinya sama,” tuturnya.

Ilustrasi ganti oli mesin motor

Photo :
  • Returnofthecaferacers

Sementara untuk motor matik, tersedia pilihan pelumas seperti Enduro Matic V 10W-40, Enduro Matic 10W-30, Enduro Matic-S 10W-30, Enduro Matic-G 20W-40, dan oli transmisi Enduro Gear Matic. 

“Pertamina Enduro Matic V sudah memiliki spesifikasi paling tinggi di kelasnya. Pelumas ini juga diformulasikan khusus untuk matic 150 cc ke atas, kekentalan olinya 10W- 40,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya