Tips Mudah Merawat Rem Cakram pada Motor

Rem cakram
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA Otomotif – Rem merupakan komponen sepeda motor yang berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan putaran roda. Setiap kendaraan roda dua umumnya dilengkapi dengan rem depan dan rem belakang.

Bale Santai Honda untuk Pemudik Motor Tersedia di KM 35 Serang

Di beberapa tipe kuda besi menggunakan dua jenis rem yang dibedakan yakni sistem rem tromol dan sistem rem cakram. Saat ini, paling penting dibahas adalah rem cakram, yang berfungsi menghentikan putaran roda sehingga laju kendaraan dapat berhenti secara sempurna.

Bagi pemilik sepeda motor, penting untuk merawat rem tersebut. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari WahanaHonda, Jum'at 28 Oktober 2022. ada tips merawat rem cakram agar awet dan tidak gampang panas. Cara ini bisa dilakukan secara mandiri dalam merawatnya.

Terpopuler: Pemotor yang Mudik akan Dikawal, 2 Motor Baru Honda di Indonesia

Teknisi mengecek rem sepeda motor

Photo :
  • DAM

Tips yang pertama adalah jangan lupa gunakan oli rem. Diketahui, penting memperhatikan jenis oli yang digunakan untuk merawat rem cakram. Gunakan minyak rem DOT 3 untuk tipe Non ABS, dan DOT 4 untuk tipe ABS. Sebaiknya ganti minyak rem setiap dua tahun/24.000 km. Selalu lakukan pengecekan minyak rem, jika tidak ada perbaikan segera diperbaiki.

Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Selain menggunakan oli, rawat bagian master dan kaliper. Pada benda tersebut diketahui terdapat komponen seal sebagai perapat dan pengganti pegas. Keberadaan komponen ini perlu dirawat agar tidak menyebabkan cakram menjadi berat sehingga menimbulkan dan menjadi panas.

Cara selanjutnya adalah ganti kampas rem sepeda motor. Apabila kampas rem habis atau aus, dapat langsung menyebabkan panas yang dapat berlebih pada cakram. Memperhatikan kampas rem dan menggantinya di saat yang tepat adalah tindakan paling bijaksana demi keselamatan pengendara.

Cara mudah tersebut yang bisa pemilik sepeda motor lakukan untuk merawat. Karena komponen pengereman harus dalam keadaan prima dan dirawat secara berkala. Jika terjadi overheat, jangan menyiram cakram dengan air karena dapat menyebabkan perubahan bentuk pada rem.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya