Tips Mudah Merawat Bodi Motor Baru agar Tidak Cepat Kusam

Ilustrasi mencuci motor
Sumber :
  • Federal Oil

VIVA Otomotif – Mempunyai motor yang selalu bersih dan mulus adalah impian setiap pengendara kendaraan roda dua. Apalagi dengan kondisi baru, penting untuk pemilik merawatnya supaya tetap mulus.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Oleh karena itu setiap hari pemilik biasanya memandikan motornya di pagi maupun malam hari. Namun, dengan melakukan itu saja belum cukup untuk merawat bodi kuda besi yang sangat disayangi.

Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari WahanaHonda, Rabu 2 November 2022, Ada beberapa cara dan trik untuk membuatnya agar tetap mulus meski kondisi baru. Langkah ini bisa ditiru dengan mudah cukup di rumah saja.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Ilustrasi mencuci motor

Photo :
  • Hondacommunity

Pertama, yakni pahami cara mencuci motor dengan benar. Karena sepintas hanya seperti menyiram dan menggosok bagian- bagian dari sisi bodi motor. Padahal tidak semudah itu, pemilik wajib menyediakan sampo khusus motor untuk mencucinya.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Selain itu, pemilik juga wajib menggunakan dua ember untuk mencuci. Di mana satu ember berfungsi untuk berisikan air dan sampo, sedangkan ember satunya diisi air bersih untuk membilas.

Cara cucinya pun sama seperti biasanya, basahi motor, berikan sabun dengan applicator, dan bilas hingga bersih, lalu keringkan. Untuk pengeringan, hasil maksimal bisa menggunakan kain kering dengan bahan lembut agar tidak ada lecet saat pengeringan.

Tips selanjutnya dengan melakukan waxing. Langkah ini berfungsi untuk melindungi bodi motor agar tetap kinclong walau terpapar sinar UV dan debu di jalanan. Untuk hasil yang paling kinclong, gunakan carnauba wax dalam proses ini. Ikuti petunjukan pemakaian dan mulai melakukan supaya bodi motor tetap aman.

Untuk yang terakhir melakukan Quick Detailer untuk maintaining. Cara ini bertujuan untuk menjaga kualitas wax agar bisa bertahan lebih lama. Manfaatnya adalah ketika nanti dalam waktu dekat pemilik akan mencuci motor lagi, jadi gak usah pakai wax lagi. Cukup oleskan QD secara merata dan motor akan kembali kinclong lagi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya