Bocoran 5 Ujian Praktik Bikin SIM C Biar Mudah Lulus

Praktik ujian pembuatan SIM di Polres Aceh Utara, Provinsi Aceh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVA Otomotif – Sebelum diperbolehkan mengendarai sepeda motor di jalan raya, seseorang harus terlebih dahulu memiliki Surat Izin Mengemudi atau SIM. Dokumen ini bisa diajukan pembuatannya ke Satpas SIM sesuai domisili pemohon.

Viral Aksi Konyol Bule di Bali Geber-geber Motor sampai Masuk ke Kolam, Netizen Ngamuk

Nantinya, akan ada tes atau ujian yang terbagi menjadi dua tahap, yakni teori serta praktik. Ujian teori berisi soal mengenai aturan lalu lintas, mulai dari arti rambu hingga prioritas pengguna jalan.

Apabila lulus, maka pemohon bisa lanjut menjalani ujian praktik. Pada tahap ini, peserta harus menunjukkan kemampuan mereka mengoperasikan motor melewati rintangan yang sudah ditentukan. Jika dinyatakan lulus, maka pemohon bisa lanjut ke bagian foto dan pencetakan SIM.

SIM Mati Hari Ini Tidak Perlu Bikin Baru

Ada beberapa orang yang menganggap, bagian paling susah dilalui yakni ujian praktik, terutama ketika mereka harus melewati jalur yang dibentuk menyerupai angka delapan.

Petugas polisi ikut uji praktik SIM

Photo :
  • Instagram @jakarta_terkini
2 Motor Baru Vespa Mengaspal di Indonesia

Nah bagi yang membutuhkan informasi mengenai bocoran ujian praktik SIM C, berikut ini ada daftarnya lengkap dengan faktor yang membuat peserta dianggap gagal dan harus mengulang kembali, dikutip dari laman Satpas Tulungagung, Selasa 8 November 2022:

1. Uji pengereman atau keseimbangan
Peserta diharuskan mengendarai motor dengan arah lurus dan kecepatan menimum 30 kilometer per jam, lalu melakukan pengereman sehingga kendaraan berhenti di garis yang disediakan. Ujian akan dianggap gagal, apabila kecepatan kurang dari 30 km per jam, kaki turun sebelum motor berhenti, keluar jalur, atau berhenti tidak di garis.

2. Uji slalom
Pada ujian ini peserta diharuskan melewati rintangan dengan cara berbelok ke arah kiri dan kanan, dan harus mengulang jika kaki turun ke tanah, menyenggol patok atau ada patok yang jatuh.

3. Ujian angka delapan
Ini menjadi ujian yang dianggap paling susah, karena peserta harus bisa mengarahkan laju motor membentuk angka delapan sesuai dengan garis yang tersedia. Faktor yang membuat peserta gagal yakni menjatuhkan patok, menyenggol patok, kaki turun ke tanah, atau salah arah.

Ujian praktik SIM Sepeda Motor

Photo :
  • Screenshot Instagram

4. Uji reaksi rem menghindar
Peserta diharuskan melaju lurus, lalu ketika melewati batas yang sudah ditentukan mengarahkan motor ke sisi kiri atau kanan seolah sedang menghindari bahaya yang ada di depan. Ujian akan gagal apabila kecepatan kurang dari 30 km per jam, menyentuh patok, salah jalur ketika menghindar, atau kaki turun ke tanah.

5. Uji berbalik arah
Ujian terakhir yakni mengharuskan peserta untuk memutar arah 180 derajat, tanpa menyentuh patok, menjatuhkan patok atau keluar jalur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya