Ini Manfaat Servis Rutin pada Sepeda Motor

Servis motor Suzuki
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA Otomotif – Sebagai pemilik sepeda motor wajib hukumnya untuk melakukan servis secara berkala. Hal itu dilakukan agar kendaraan yang digunakan memiliki performa yang baik dan tidak menyebabkan masalah di kemudian hari.

Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah

Diketahui, masalah yang paling umum ditemukan adalah mesin motor mengalami mati mendadak, lantaran kurang perawatan. Maka dari itu, sebagai pemilik yang cerdas penting untuk melakukan servis rutin pada kendaraan kesayangannya.

Sejatinya ada beberapa manfaat penting bagi pemilik melakukan servis rutin. Apa saja? Dirangkum VIVA dari Suzuki, Kamis 24 November 2022, berikut manfaat yang didapat ketika melakukan servis rutin.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

Servis motor Honda

Photo :
  • Wahana Honda

Manfaat pertama adalah komponen menjadi terawat. Diketahui, sepeda motor memiliki banyak komponen di dalamnya seperti rem, lampu, dan lainnya. Apabila dilakukan perawatan, maka komponen tersebut bisa mempunyai usia pakai yang lebih panjang.

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Selain komponen, manfaat selanjutnya yakni berkendara menjadi lebih nyaman. Dengan motor yang terawat tentunya tidak akan menimbulkan masalah, lantaran fitur berfungsi dengan baik, dan perjalanan pun selalu lancar tanpa gangguan, terutama kinerja mesin.

Untuk manfaat lainnya yaitu bahan bakar lebih irit. Karena seluruh fungsi masing-masing bagian mesin bekerja dengan baik dan terawat, maka pembakaran mesin pun menjadi sempurna. Hal ini tentu akan berdampak pada efisiensi penggunaan bahan bakar yang semakin meningkat. 

Selain itu, bisa juga hemat biaya. Rutin servis sepeda motor memang terlihat harus bolak balik masuk bengkel. Apabila pemilik melakukan hal itu terus menerus, maka seluruh kondisi sepeda motor tetap normal tentunya tak perlu mengeluarkan banyak biaya perbaikan.

Berbeda sebaliknya, jika pemilik jarang merawat motor biasanya akan mendapatkan masalah besar yang harus mengganti komponen. Perlu diketahui, biaya tersebut bisa membebani pemilik, lantaran cukup besar yang harus di bayar. Maka dari itu, lakukan servis secara rutin.

Manfaat terakhir yakni daya jual yang tinggi. Apabila motor yang terawat dengan kondisi dan performa masih terjaga dengan baik pasti akan memiliki daya jual nilai yang tinggi. Sehingga jika sewaktu-waktu pemilik butuh untuk menjual lagi sepeda motor tersebut, maka bisa mendapatkan harga yang sepadan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya