Begini Cara Merawat Speedometer Digital Motor yang Benar

Speedometer digital motor Honda
Sumber :
  • WahanaHonda

VIVA Otomotif – Saat ini beberapa sepeda motor baru telah disematkan teknologi canggih yang berhasil dibuat oleh produsen. Salah satu teknologi adalah speedometer digital yang berfungsi untuk menginformasikan mulai dari kecepatan hingga bahan bakar.

Top Trending: Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Hingga Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran

Adanya penambahan fitur terbaru ini, membuat pemilik kendaraan roda dua baru penting untuk merawatnya. Hal itu dikarenakan agar penggunaan fitur ini bisa berumur panjang dan tidak mudah rusak. Apalagi memiliki fungsi yang sangat penting bagi pengendara.

Lantas, bagaimana cara merawat speedometer digital? Dirangkum VIVA dari AstraHondaMotor, Selasa 29 November 2022, ada beberapa langkah untuk menjaga fitur ini supaya tidak mudah rusak. Berikut caranya;

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

Speedometer digital motor Honda

Photo :
  • WahanaHonda

Langkah perawatan pertama adalah  usahakan pengendara tidak memarkirkan kendaraan langsung di bawah paparan sinar matahari. Apabila terpaksa untuk parkir motor di tempat yang banyak sinar matahari alangkah baiknya LCD motor dilapisi dengan plastik film. 

Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah

Pemilik bisa memilih tingkat ketebalan  gelapnya antara 20 persen atau 30 persen. Perlu diketahui bahwa ada beragam warna plastik film mulai dari biru, hijau, hingga gelap. Cara ini bisa menghindari kerusakan, apabila dicegah lebih awal.

Langkah selanjutnya dengan rutin mengganti oli tepat waktu. Pastikan pemilik tidak lupa mengganti oli, apabila sering terlambat dan terjadi berulang-ulang, akan mempengaruhi kinerja kabel komponen, dan bisa membuat rusak

Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan penting sekali untuk mengganti oli khususnya sepeda motor. Umumnya, proses penggantian oli kendaraan roda dua berkisar pada 4.000 Km atau sebulan sekali.

Untuk langkah terakhir yakni rutin merawat dan mengontrol tegangan baterai motor. Melakukan pengecekan secara rutin dan berkala pada arus tegangan aki, membuat komponen kelistrikan bisa berumur panjang. Apabila tidak dilakukan perawatan, maka kebanyakan baterai atau aki bisa rusak.

Ada efek, jika aki motor tegangannya sudah tak stabil, maka beberapa fungsi atau tombol di speedometer LCD akan malfungsi, bahkan jadi error. Penting diketahui, untuk tegangan ideal aki motor berada pada 12 Volt engine off dan 12,6 engine on.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya