Ini Tips Memilih Jas Hujan Motor yang Aman

Ilustrasi menjemur jas hujan
Sumber :
  • Outdoorgearlab

VIVA Otomotif – Saat ini Indonesia mengalami pergantian musim, yang tadinya kemarau menjadi penghujan. Hal itu dirasakan di sejumlah wilayah Tanah Air, yang mengalami cuaca hujan terus menerus dengan potensi besar.

Banyak Keuntungannya, Simak 7 Tips Aman Beli Rumah lewat Sistem Lelang Bank

Adanya pergantian musim, sebagai pemilik motor penting untuk memperhatikan barang bawaan, salah satunya jas hujan. Benda tersebut menjadi salah satu perlengkapan penting yang harus dimiliki setiap pengendara motor.

Berbagai jenis jas hujan pun banyak tersedia di pasaran. Namun, perlu diketahui tidak semuanya aman untuk digunakan ketika berkendara. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan jas hujan yang digunakan agar tidak menyebabkan masalah.

Fakta Tragis Insiden Balita Tewas Terlindas Fortuner Maut Tetangga di Sidoarjo

Lantas, apa saja? Dirangkum VIVA dari WahanaHonda, Rabu 7 Desember 2022, ada beberapa tips memilih jas hujan khususnya untuk pengendara sepeda motor. Hal ini dilakukan sesuai aturan yang telah disesuai dengan aspek keselamatan dan keamanan. 

Jas Hujan

Photo :
  • vstory
SIM C1 Mulai Berlaku Hari Ini, Intip Bedanya dengan SIM C

Tips pertama adalah dengan memilih bahan berkualitas. Banyak jas hujan dengan harga murah, namun kualitas bahannya sangat mudah rusak. Usahakan memilih bahan yang benar, minimal berbahan coating glossy atau bahan bening yang anti embun.

Selain memperhatikan bahan, pemilik juga perlu memilih jas hujan sesuai dengan badan, benar-benar fit dan tidak terlalu longgar ketika digunakan. Hal itu bertujuan supaya pengendara tetap nyaman saat bergerak.

Apabila jas hujan yang digunakan kebesaran, maka bisa menyebabkan mudah tertiup angin. Kondisi ini bisa menghalangi pemandangan pengendara, bahkan juga bisa tersangkut di rantai motor. Hal tersebut sangat jelas membahayakan.

Tips selanjutnya yaitu perhatikan warna jas hujan dimiliki. Banyak dari para pemilik motor kurang memperhatikan hal ini, padahal warna jas hujan sangat berpengaruh dalam kondisi berkendara. Disarankan menggunakan warna jas hujan yang berwarna terang.

Kenapa begitu? Karena warna yang terang membuat pengendara mudah terlihat jelas dari pengendara lain. Langkah ini juga bisa meminimalisir kecelakaan yang dikibat tabrakan antara pengendara saat hujan.

Untuk tips terakhir adalah hindari model jas hujan ponco. Model jas hujan jenis ini tidak direkomendasikan sama sekali. Hal itu dikarenakan, model tersebut mudah terbang dan berpotensi tersangkut rantai, gir, atau kendaraan di sekitar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya