Begini Cara Mudah Merawat Mobil Hybrid

Honda Meluncurkan Mobil Hybrid dan Sport
Sumber :
  • dok.ist

VIVA Otomotif – Industri otomotif Indonesia saat ini tengah jadi perbincangan oleh para pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan beberapa pabrikan mulai memperkenalkan dan menjual produk ramah lingkungan kepada konsumennya.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Diketahui, salah satu produk yang hangat dibahas adalah mobil jenis hybrid. Pasalnya, kendaraan dengan jenis tersebut menghadirkan sistem penggerak yang memanfaatkan dua sumber energi sekaligus.

Apalagi saat ini penjualan mobil hybrid mengalami peningkatan di Tanah Air. Banyak dari pabrikan otomotif mengklaim model jenis tersebut lebih hemat bahan bakar dan bisa meningkatkan performa dari pada model lainnya.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

All New Kijang Innova Zenix Hybrid

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Adanya peningkatan pengguna kendaraan jenis ini, penting untuk mengetahui cara merawatnya. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari Auto2000, Kamis 8 Desember 2022, berikut cara merawat mobil hybrid yang sangat mudah.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Cara pertama adalah perhatikan bensin yang digunakan. Untuk kendaraan berjenis ini pastikan sesuai rekomendasi pabrikan, usahakan menggunakan isi bahan bakat yang berkualitas agar performa mesin tidak menurun.

Selain memperhatikan bensin, penting juga untuk rutin servis. Hal itu dilakukan mobil berjenis hybrid memiliki banyak komponen elektronik ketimbang jenis lainnya, yang harus diperiksa dan dirawat. 

Komponen kelistrikan dan sistem baterai dari kendaraan ramah lingkungan ini harus mendapatkan perawatan dari bengkel resmi. Terlebih lagi komponen baterai harus ditangani oleh teknisi ahli. Jadi, jangan sampai salah pilih bengkel.

Cara selanjutnya adalah hindari mencuci mesin mobil hybrid sembarangan. Hal itu dikarenakan mesin dari kendaraan ini menggunakan dua mesin penggerak yaitu mesin konvensional dan motor listrik, tentu tidak dapat disamakan perawatannya seperti mobil pada umumnya,

Hal ini dikarenakan air dapat menimbulkan potensi gangguan pada komponen yang ada di dalam mesin. Jika harus melakukan pencucian pada bagian mesin mobil hybrid, maka pergi ke tempat ahli di bengkel resmi.

Cara terakhir yakni jangan sembarang modifikasi. Melakukan hal ini sejatinya tidak dilarang selama tidak menyalahi aturan lalu lintas yang berlaku. Namun pada mobil hybrid tentu banyak hal yang harus diperhatikan, terutama pada sistem baterainya.

Sejatinya pembongkaran sistem tersebut hanya dapat dilakukan oleh tim bengkel resmi pabrikan. Apabila sengaja dibongkar, maka bisa menyebabkan kerusakan di kemudian hari dan menghanguskan garansi yang diberikan perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya