Tips Aman Touring Naik Motor Sendirian

VIVA Otomotif: Ilustrasi touring motor
Sumber :
  • Dok: PTPL

VIVA Otomotif – Ada banyak alasan, mengapa sebagian dari pengendara motor gemar melakukan touring. Mulai dari ingin menikmati perjalanan ke luar kota dengan cara berbeda, hingga sebagai cara untuk healing usai berhari-hari menjalani rutinitas.

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Beberapa dari pemilik motor yang suka touring, memiih untuk melakukan kegiatan itu sendirian. Biasanya, ini dilakukan karena mereka ingin bebas menentukan jadwal dan tempat yang hendak dituju. Namun sebelum melakukan hal itu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Berikut daftarnya:

Persiapan Fisik
Touring menggunakan sepeda motor umumnya ditempuh dengan jarak lumayan panjang. Maka dari itu, penting bagi pengendara memiliki stamina yang prima.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Lakukan olahraga ringan, setidaknya satu pekan sebelum acara. Persiapan ini juga harus diimbangi dengan pola makan dan istirahat cukup.

Perlengkapan Berkendara
Siapkan perlengkapan berkendara yang wajib dikenakan. Dimulai dari helm, disarankan menggunakan jenis full face karena memiliki unsur keselamatan lebih baik.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Sementara untuk jaket dan celana, pilih yang nyaman dan dilengkapi ventilasi. Alangkah baiknya kedua perlengkapan berkendara ini memiliki pelindung, begitu pula dengan sarung tangan.

VIVA Otomotif: Ilustrasi mengenakan sarung tangan saat mengendarai motor

Photo :
  • Dok: PTPL

Pengendara juga wajib memakai sepatu paling tidak menutupi mata kaki. Lalu, jangan lupa membawa jas hujan agar tidak basah ketika melintasi wilayah yang terbuka dan tidak ada tempat berteduh.

Ganti Oli Mesin
"Sebaiknya, ganti oli mesin sebelum touring. Dengan begitu, selama perjalanan pemilik dapat merasakan tenaga yang optimal," ujar echnical Specialist PT Pertamina Lubricants, Brahma Putra Mahayana melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu 24 Desember 2022.

PTPL sendiri memiliki oli Pertamina Enduro Series, yang hadir dalam beberapa varian untuk motor manual maupun matik. Tersedia pula gear oil atau oli transmisi untuk motor matik.

"Pelumas Pertamina juga dilengkapi zat aditif terbaik, untuk perlindungan maksimal terhadap mesin. Keberadaan varian pelumas Pertamina Enduro yang lengkap, menjadi bukti komitmen kami dalam memenuhi keinginan pengguna sepeda motor di Tanah Air," tuturnya.

Tool kit dan Penambal Ban
Lengkapi barang bawaan dengan tool kit sederhana misalnya kunci pas, yang umum dipakai di motor. Termasuk juga alat penambal ban, untuk mengantisipasi bocor di lokasi yang jauh dari bengkel.

Kenali Rute
Pelajari rute yang akan dilalui sebelum melakukan perjalanan, dan ada baiknya memasang phone holder untuk memantau posisi dengan memanfaatkan smartphone. Upayakan beristirahat maksimal setiap dua jam berkendara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya