Ini Penyebab AC Mobil Enggak Dingin saat Cuaca Panas

Ilustrasi AC mobil
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Otomotif – Penyejuk udara atau air conditioner (AC) pada setiap kendaraan masa kini sudah menjadi sebuah kewajiban, fungsi hadirnya fitur ini juga akan memberikan rasa yang nyaman ketika selama perjalanan.

Viral Pemilik Mobil Masukkan Telur Mentah ke Radiator, Cara Darurat Atasi Kebocoran?

Meski begitu, kadang ada kendala pada AC mobil ketika cuaca sedang panas di mana kesejukan melalui pendingin udara yang ada di mobil tidak maksimal.

Bengkel Auto2000 melalui keterangan resmi, dikutip Minggu 15 Januari 2023 memberikan beberapa tips terhadap kendaraan yang memiliki masalah kesejukan ketika cuaca yang sedang terik.

Satu Keluarga Keracunan AC Mobil hingga Tewaskan 1 Orang, Ini Tips Mencegahnya

1. Kompresor bermasalah
Kompresor AC menjadi salah satu penyebab utama mengapa AC tidak mendingin. Adanya masalah seperti keausan, kerusakan komponen atau sistem kelistrikan menjadi biang kerok yang sebenarnya bisa dihindari.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

2. Freon kurang
AC memang membutuhkan banyak cairan pendingin atau biasa disebut freon, yang nantinya akan diproses untuk menghasilkan suhu dingin di dalam kabin. Jika kekurangan cairan pendingin, maka sudah dipastikan AC akan terasa kurang bisa memberikan kesejukan di dalam kendaraan dan akan dapat mengganggu kenyamanan setiap orang yang ada di dalam.

Ilustrasi mengisi freon AC mobil

Photo :
  • Gobdp

4. Selang yang rusak
Masih berhubungan dengan AC mobil, ada lagi komponen berbentuk selang yang berguna mengalirkan freon untuk diubah menjadi suhu dingin. Selang yang bermasalah akan dapat memberikan dampak buruk bagi kualitas AC itu sendiri dan yang terparah akan dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen lainnya jika dibiarkan begitu saja.

5. Suhu mesin yang tinggi
Tidak melulu permasalahan AC yang tidak dingin disebabkan oleh rangkaian AC itu sendiri, mesin yang cukup panas juga memberikan dampak tidak sejuknya hawa yang dihasilkan oleh AC pada mobil tersebut.

Radiator

Photo :

Meski begitu, biasanya suhu panas dari mobil bisa diturunkan dengan hadirnya radiator, tetapi adanya suhu yang tinggi dari matahari kadang membuat sistemnya tidak terlalu efisien. Dengan begitu, AC yang sudah bekerja keras untuk menurunkan suhu tetap tidak akan memberikan pengaruh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya